Pulau

Pesona keindahan Pulau Birah Birahan di Kutai Timur

Geliat pesona wisata di Kalimantan Timur terus tumbuh dan berkembang. Kini mulai banyak destinasi wisata di Kalimantan Timur yang mulai terkekspose media. Salah satunya adalah Pulau Birah-birahan. Pulau ini adalah sebuah pulau wisata yang tak berpenghuni dan masuk kedalam kecamatan Sandaran, kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur.

foto : @pesonaindahborneo

Pemandangan bawah laut Pulau Birah-birahan juga tak kalah dengan wisata di Pulau Derawan yang ada di Kabupaten Berau. Terumbu karang yang ada di Pulau Birah-birahan ini juga masih sangat terjaga dengan baik karena belum banyak wisatawa yang melakukan penyelaman atau snorkling di sekitar Pulau Birah-birahan. Ikan yang bewarna warni dan beragam jenis karang hampir bisa kita jumpai disepanjang peraiaran laut Pulau Birah-birahan.

Meski akses menuju Pulau Birah-birahan sangat sulit karena belum banyak traveller yang datang ke Pulau Birah-birahan namun seiring waktu aksesnya terus diperbaiki. Nah Untuk bisa sampai Pulau Birah-birahan kita harus menuju Desa Manubar yakni desa terakhir sebelum menyebrang ke Pulau Birah-birahan. Desa ini terletak di Kecamatan Sandaran. Desa ini posisinya tepat berada di perbatasan hidung Kalimantan dan Sulawesi atau semenanjung perairan Selat Makassar.

foto : @evimarantika

Pulau Birah-birahan juga menjadi salah satu habitat asli binatang endemik Kutai Timur yakni Penyu sisik maupun penyu hijau yang sangat dilindungi oelh pemerintah. Setiap hari penyu ini akan bertelur disekitar Pulau Birah-birahan. Selain penyu juga ada banyak binatang liar lainya seperti burung-burung dan biawak yang mendiam pulau ini.

foto : @rzka_ja

Tak hanya sebatas keindahan lautnya saja, pulau Birah-birahan memiliki pantai yang bersih dan pasirnya bewarna putih. Ombak dipantai disekitar pulau juga tak terlalu besar sehingga cocok buat berenang dan menikmati kesegaran air lautnya. Oh ya bila kalian ingin bekunjung ke Pulau Birah-birahan jangan lupa selalu jaga kebersihan pulau dan bawa makanan sendiri ya karena di Pulau Birah-birahan belum ada fasilitas umum.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close