Alam & TamanDanau & Sungai

Salju Dolok Tinggi Raja, Kawah Putih Cantik Khas Sumatera Utara

theminiwalker

Sumber : theminiwalker

Halo Travelers!

Yuk,  Kita mulai lebih mengenali Indonesia lagiii dan lagiii yaaa!

Kita mulai dari Indonesia bagian mana lagi ya? Pulau mana dulu nih yang bakal kita cari tau dan telusuri lagi? Kota mana pula yang bakal kita kupas lebih dalam lagi kali ini? Penasaran lagi pastinya kan Travelers??

Yuk Simak yaa!!

Travelers, setelah kemarin kita cari tau dan telusuri soal “Wisata Istana Maimun Dan Prasasti Meriam Puntung Yang Melegenda Di Medan” , lalu “Aek Sijorni, Air Terjun Berundak Nan Indah Di Sumatera Utara” sekarang saatnya kita cari tau dan telusuri salah satu kawasan Kawah Putih Cantik Khas di Provinsi Sumatera Utara yaa.

Loh, ko masih di Sumatera Utara sih?

Ya, memang kali ini kita akan cari tau dan telusuri keindahan Indonesia dan masih di Provinsi Sumatera Utara yaa, lagiii loh yaa lagii (masih betah banget nih soalnya hihi). Eitss, tapi kali ini bukan di Medan bukan di Tapanuli Selatan, apalagi bukan pula Kawah Putih Ciwidey  yaa (*Yakali Kawah Putih Ciwidey kan Pulau Jawa ya Travelers.. hihi).

Ayo Kawah Putih apa dong  yaaaaa??

lihatcoid

Sumber : lihatcoid

Yaps Travelers, Kawah Putih tersebut tak lain dan tak bukan adalah Salju Dolok Tinggi Raja, Kawah Putih Cantik Khas Sumatera Utara. Seperti yang Travelers tahu, Sumatera Utara memang memiliki potensi alam yang banyak dan sangat indah yaaa kan. Dari yang sudah tereksplorasi seperti Danau Toba, hingga Kawah Putih Tinggi Raja yang belum tereksplorasi dengan baik ini.

Objek wisata yang jarang terekspos ini terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Wisatawan lebih mengenal tempat ini dengan nama Kawah Putih Tinggi Raja. Kawah yang terletak di Kecamatan Silau Kahean ini muncul dan berada di antara bukit kapur yang memiliki eksotisme tersendiri. (*Sangat eksotis sangaat loh, Travelers! Aseli! (Hihi))

ksmtour

Sumber : ksmtour

Berbeda dengan kawah putih di Bandung, Kawah Putih Tinggi Raja dikelilingi dengan pandan hutan yang sangat tinggi, airnya yang berwarna biru dengan bongkahan-bongkahan belerang yang terbentuk alami seperti lapisan es yang tebal. Oleh karenanya, banyak orang juga yang menyebutnya Salju Dolok Tinggi Raja, Kawah Putih Cantik Khas Sumatera Utara.

Selain itu, hamparan putih yang menutupi tanah di kawasan ini serupa abu bekas pembakaran. Sedangkan warna putih yang berada di sekitar kawah terlihat seperti memagari air panas dan di tengahnya bebatuan kapur. Mirip seperti es, sehingga banyak pula orang yang terkecoh mengira dominasi warna putih tersebut adalah hamparan salju, jika melihatnya melalui sebuah gambar.

Bebatuan kapur yang terlihat seperti telur-telur besar yang sedang berjejer di salah satu tepi kawahnya terlihat sangat artistic. Apalagi dialiri air panas di atasnya yang senantiasa mengeluarkan asap. Sungguh akan membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum. Serius loh kagum pasti, Travelers , cantik indah menawan dan sangat mempesona gitu pokoknya! (Hihi.. Ciyus. Ciyuuus!).

idtraveling

Sumber : idtraveling

Selain itu, ada juga aliran air sungai yang tercampur dengan curahan air panasnya, tetapi tak membuat airnya terasa panas, sehingga aman jika ada wisatawan yang hendak mandi. Sungainya ini terletak tak jauh dari kawah putih. Banyak pula pondok-pondok kayu pedagang makanan dan minuman. Jadi, tak perlu khawatir yaa Travelers, makanan dan minuman banyak di sini, banyak loh! (Hihi.. Ciyuuus!).

Nah, pasti penasarankan Travelers  dengan Salju Dolok Tinggi Raja, Kawah Putih Cantik Khas Sumatera Utara ini. Kunjungi saja yaa, Travelers  hanya harus menempuh perjalanan 4-5 jam dari ibukota Sumatera Utara yaitu kota Medan. Rute tercepat  dengan mobil dapat melalui Lubuk Pakam menuju Galang lalu ke Bangun Purba hingga sampai di Dolok Tinggi Raja.

Namun, Travelers juga harus sangat bersiap yaa, menghadapi jalanan yang belum beraspal dan penuh bebatuan saat akan mendekati kawasan Salju Dolok Tinggi Raja ini, disepanjang 10 Km. Tak ada tiket masuk, Travelers cukup membayar uang parkir  Rp5.000,- (*Harga bisa berubah sewaktu-waktu). Dari tempat parkir, Travelers  cukup berjalan kaki dengan sedikit menanjak bukit sejauh 200 m.

Jadi tunggu apa lagi, segera jadwalkan liburan ke Sumatera Utara dan sempatkan pula mengunjungi Istana Maimun Medan dan Aek Sijorni Tapanuli Selatan, serta pastinya harus juga mengunjungi  Salju Dolok Tinggi Raja, Kawah Putih Cantik Khas Sumatera Utara ini yaa Travelers!!

Created by : Fitri Yuhana (@fittriyuhanna)

23 November 2016

Tags

Fitri Yuhana

Mojang Bandung yang hobi melangkahkan kaki ke segala penjuru arah mata angin dan memiliki banyak hobi lain yakni, bercerita, berteman dengan anak-anak, menulis, meliput dan memotret. #langkahkakiFYn

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *