Seni & Budaya

Kampung Madras, Little India Nya Kota Medan

Berencana melancong ke Medan? Coba selipkan Kampung Madras di itinerary-mu. Meski berada di Indonesia, tapi kamu berasa seperti lagi di India ketika menginjakkan kaki di kawasan ini :D

Awalnya area ini dikenal dengan nama Kampung Keling. Kok keling? Iya, karena umumnya penduduk India kan memiliki kulit berwarna gelap alias keling. Namun karena kata keling memiliki makna yang negatif dan sebagian penduduk India setempat juga keberatan dengan sebutan itu, maka pemerintah kota Medan menggantinya sesuai dengan nama kecamatan di daerah tersebut, Madras.

Bisa dibilang Kampung Madras adalah jantungnya kebudayaan India di Medan. Hal ini berawal dari kedatangan orang-orang India yang menginjakkan kaki ke Medan pada abad ke-19. Kaum pendatang ini kebanyakan dari etnis India Tamil.

3

Kehadiran mereka ke Medan untuk bekerja sebagai buruh di perkebunan. Nah, penduduk etnis Tamil ternyata memiliki etos kerja yang baik dan disukai oleh para pemilik perkebunan. Akhirnya mulai banyak, deh, penduduk etnis Tamil yang datang ke Medan. Tenaga mereka juga dimanfaatkan untuk sektor lain seperti proyek pembuatan jalan raya, pekerja bangunan dan sebagainya.

Penduduk India dari etnis lainnya juga tidak ketinggalan mengadu nasib di Medan seperti etnis Punjab, Cheyttar dan Sigh.

1

Seiring dengan meningkatnya penduduk India di Medan dan interaksi mereka juga makin erat, muncullah perkampungan komunitas-komunitas India. Salah satunya adalah Kampung Madras.

Saat ini Kampung Madras sudah tidak didominasi oleh penduduk India, melainkan warga keturunan Tionghoa. Meski begitu, kamu tetap bisa memanjakan mata dengan melihat bangunan-bangunan yang kaya dengan sentuhan Indianya seperti Kuil Shri Mariaman dan Kuil Subramaniem. Kedua bangunan megah ini dihiasi oleh puluhan patung dewa khas India yang katanya didatangkan langsung dari India. Wow!!

Selain menikmati bangunan-bangunan bersejarah, kamu juga bisa menyantap makanan khas India, belanja baju khas India seperti sari dan masih banyak lagi toko yang menjual segala hal berbau India.

madras

Yang paling penting, sih, jangan lupa untuk mengabadikan perjalananmu ini. Foto-foto atau bikin VLOG sambil menari-nari ala India juga boleh, kok, hehehe.

Dimana lokasinya? Kampung Madras ini berada di pusat kota Medan, kok, tepatnya di kawasan Zainul Arifin.

Oia, kalau kamu mau ke sini, disarankan datang pas hari perayaan Deepavali atau Festival Colour atau Holy karena akan banyak aktivitas seru yang diadakan pada hari tersebut. Pokoknya berasa di India, deh :D

Sources:

http://www.pemkomedan.go.id/artikel-15000-kampung-madras-sejarah-kecil-kota-medan.html

http://www.tribunnews.com/travel/2015/08/14/kampung-madras-little-india-di-kota-medan-semerbak-suasana-bollywood

http://travel.detik.com/read/2015/03/26/180007/2870756/1519/berasa-di-india-padahal-di-medan

https://id.wikipedia.org/wiki/Kampung_Keling

Created by : Tia

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close