PantaiPulau

Pulau Pisang, Si Cantik di Kepulauan Banda

Siapa sangka kalau di Kepulauan Banda terdapat satu pulau yang begitu dipuja oleh para penggila diving? Dengan hanya menempuh sekitar 30 menit perjalanan dari Pulau Neira, kalian sudah sampai di Pulau Pisang. Ya, disinilah surganya para peselam.

sumber foto: http://firdausadil.blogspot.co.id/2015/01/pesona-negeri-bahari-banda-neira.html

Pulau Pisang, sebuah pulau mungil di Kepulauan Banda ini berpenduduk hanya 50 orang, satu perkebunan pala dan satu perkebunan kelapa yang cukup menawan. Pulau ini disebut juga sebagai Pulau Sjahrir, karena pada jaman dahulu Sutan Sjahrir sering berkunjung dan pulau ini merupakan favorit beliau. Selain ada alam bawah laut, di pulau Pisang juga ada yang namanya Tanjung Serang.

Tanjung Pisang layak untuk diselami oleh kalian penggila diving. Kedalaman maksimum penyelaman di tempat ini yaitu 25 meter dengan kedalaman rata-rata 18 meter.

Sesuai dengan namanya, lokasi selam Tanjung Pulau Pisang ini berada di Pulau Pisang itu sendiri. Tanjung ini juga dikenal dengan nama Tanjung Seram. Untuk mencapai tempat ini, kalian bisa menggunakan perahu dari Pulau Naira dengan jarak tempuh sekira 30 menit.

sumber foto: @Qaedi_Fuadillah

Kondisi terumbu karang yang bagus, didukung pula dengan visibility horizontal yang mencapai 18 meter, serta visibility vertical yang mencapai 18 meter. Tutupan terumbu karang di situs selam Tanjung Barat Pulau Pisang, Kepulauan Banda ini mencapai 80% wilayah selam.

Dengan arus lemah sampai sedang searah pantai dan suhu perairan mulai 26°C hingga 29°C, Tanjung Pisang layak untuk diselami oleh kalian. Kedalaman maksimum penyelaman di tempat ini yaitu 25 meter dengan kedalaman rata-rata 18 meter.

sumber foto: http://firdausadil.blogspot.co.id/

Di kedalaman 5-18 meter pula dapat dijumpai jenis ikan dasar seperti Gobies, Moray, Eels, Scorpion, dan Blennies. Jenis spesies ikan dasar yang sering muncul yaitu Gobies. Spesies lainnya yang kerap dijumpai di situs selam Tanjung Barat Pulau Pisang, Kepulauan Banda ini yaitu Gurita, Udang, Kepiting, Penyu, Pari dan Hiu. Beberapa Moluska penghuni tempat ini yaitu nudibranch, flat worm, shell.

sumber foto: http://firdausadil.blogspot.co.id/

Gerombolan ikan yang kerap dijumpai di situs selam ini yaitu pada kedalaman 10-18 meter yang didominasi oleh jenis ikan Fusiliers. Ikan Pelagis seperti Snapper, sweetlips, trevallies juga bisa ditemui di Tanjung Barat Pulau Pisang pada kedalaman 18 meter.

sumber foto: http://firdausadil.blogspot.co.id/2015/01/

Ikan karang jenis Butterfly, Cardinal, Angel, Grouper, Damselfish, Anthias, Batfish, Wrasse, Parrot, Surgeon, Trigger, Box, Puffer, Porcupine bias dijumpai di sini pada kedalaman 5-28 meter. Jenis ikan karang yang mendominasi di tempat ini yaitu Damselfish.

sumber foto: @Qaedi_Fuadillah

Informasi biaya perjalanan:
Kapal Neira – Pulau Pisang:
Gratis (kapal umum sekitar Rp 20.000, sewa kapal sekitar Rp 300.000 – Rp 500.000)

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Tags

Rahma (@_raahmaaa)

Walk humbly, talk politely, dress neatly, play atrractively.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *