Alam & TamanPantai

Pulau Nusa Barong, Pulau Indah Yang Tak Berpenghuni

Hallooo sobat travelers!

Bentuk Tanah Air yang terdiri dari pulau-pulau ini memungkinkan Indonesia memiliki banyak pulau yang tak berpenghuni. Air pantai yang jernih, ekosistem dan habitat yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan objek wisata. Seperti pulau yang satu ini sobat travelers, yuk kita simak!

travel-detik

Sumber : travel-detik

Pulau Nusa Barong

Pulau yang terletak di Desa Puger Wetan Kabupaten Jember, Jawa Timur ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia. Pulau Nusa Barong ditetapkan sebagai cagar alam berdasarkan SK Gubernur Jenderal Hindia Belanda nomor GB. 46 yang dimuat dalam Staatsblad No. 736 tanggal 9 Oktober 1920 dan diperbaharui oleh SK Menteri Pertanian No. 110/VIII/1957 dengan luas 6.100 hektar.

www-asliindonesia-net

Sumber : www-asliindonesia-net

Akses menuju Pulau Nusa Barong mudah ditempuh loh sobat travelers, kalo kamu lagi ada di pusat kota Jember jarak tempuh menuju Desa Puger hanya 38 km yang dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 iam. Dari pelabuhan Puger perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu menuju Pulau Nusa Barong, biaya sewa perahunya adalah Rp1.500.000,- dengan kapasitas 8 orang (termasuk penjemputan saat pulang). Dalam kondisi ombak tenang perjalanan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2,5 jam.

Flora

Ekosistem flora yang tumbuh di pulau ini adalah hutan hujan tropis dengan tiga bentuk formasinya, yaitu:

  1. Hutan Mangrove

Ekosistem hutan mangrove terdapat di sekitar Teluk Plirik dan Teluk Kandangan, jenis tumbuhan yang hidup di ekosistem ini adalah mangrove jenis api-api dan beberapa jenis bakau seperti Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Rhizophora stylosa, Bruguiera sp, tengar, teruntum, serta perepat (Sonneratia alba) yang tumbuh di tanah berbatu.

  1. Hutan Pantai

Ekosistem hutan pantai tumbuh di atas tanah kering, di atas garis pasang surut, dan ke arah daratan kemudian berlanjut dengan hutan tropika dataran rendah. Jenis tumbuhan yang tumbuh di ekosistem ini adalah pandan laut, centigi laut, putat, waru laut, kepuh, nyamplung, dan ketapang.

  1. Hutan Dataran Rendah

Ekosistem ini tumbuh sebagai lanjutan dari ekosistem hutan pantai dengan jenis tumbuhannya adalah laban, pancal kidang, kalak, putat, perak dan sengir.

Fauna

Jenis hewan yang hidup di Pulau Nusa Barong ini sangat beragam, jenis yang banyak dijumpai adalah penyu hijau, penyu sisik, biawak, dan ular piton. Terdapat juga jenis mamalia dan primata antara lain: rusa, kera abu-abu, lutung, dan babi hutan. Selain itu juga terdapat beberapa jenis burung antara lain: elang laut, raja udang, kuntul, walet, ayam hutan, dan kangkareng.

Karena keragaman jenis flora dan fauna yang dimiliki inilah yang menjadi daya tarik Pulau Nusa Barong sebagai pilihan objek wisata yang masuk daftar untuk dikunjungi. Selain itu juga keindahan pantai yang masih alami di pulau ini sangat sayang untuk dilewatkan. Kita juga bisa menikmati sensasi berkemah di pulau tak berpenghuni ini loh sobat travelers.

1-ubaygrafi

Sumber : ubaygrafi

Jadi..Yuk mampir ke Pulau Nusa Barong!

Sumber: bbksdajatim.org, Wikipedia, Audi Rahadian H.

Created by : Budi

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close