Alam & TamanDanau & Sungai

Petak 9, Sudut lain menikmati Ketinggian Dieng Plateu

Siapa yang tak mengenal wisata Dieng Plateu, Sebuah dataran tinggi yang diapit oleh dua kabupaten ini pesonanya sudah meledak hingga ke pelosok dunia.  Salah satunya adalah Wana wisata Petak 9 Dieng, sebuah spot yang didesain mirip dengan Kali Birunya Jogja ini, menjadi destinasi favorit penikmat wisata alam.

gerbang masuk petak 9
gerbang masuk petak 9 bukit sidengkeng

Dieng adalah sebuah dataran tinggi vulkanik yang berlokasi diantara kabupaten wonosobo dan banjarnegara. Keindahannya semakin memancar pada bulan Juli-September, sebab suhunya bisa mencapai 0 derajat celcius serta bersamaan dengan Dieng Culture festival. Wana wisata yang belum lama dibuat menyerupai Kalibiru yang diberi nama Petak 9 ini berada di kawasan bukit sidengkeng.

sumber foto: diengplateu.com
sumber foto: diengplateu.com

Petak 9 bukit sidengkeng, lokasinya tak jauh dari gerbang masuk telaga warna. Untuk menuju ke objek tersebut, sudah ditandai dengan gerbang pintu masuk bertuliskan “Wana Wisata alam Petak 9 Dieng” yang berdiri kokoh dipinggir jalan. Pemandangangan alam, dengan berbagai flora yang cantik ketika baru memasuki areal di kawasan ini.

foto by: ekosaputro98
foto by: ekosaputro98

Pemandangan bunga terompet atau warga sekitar menyebutnya kecubung gunung yang berwarna warni di tiap sudut. Di lahan sekitar 6hektar yang menanjak menuju bukit sidengkeng ini, menurut pengelola dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman hutan yang sudah mulai punah. Semakin berjalan keatas, rumput hijau dan pepohonan tinggi yang menjulang tampak menyegarkan suasana hati.

foto by: wisatadieng
foto by: wisatadieng

Ditambah pemandangan ketika sampai diatas, spot kekinian berupa sebuah papan yang dibangun diatas pohon dengan view langsung menghadap dua telaga sekaligus. Gradasi telaga warna yang cantik dan kilauan telaga pengilon yang seolah menyatu namun tak bersatu tampak dari ketinggian bukit sidengkeng ini. Belum lagi, view gunung prau yang gagah juga tersaji dari bukit ini.

foto by: bendottetapsemangat
foto by: bendottetapsemangat

Jika kalian berkunjung ke Dieng, Petak 9 bukit sidengkeng adalah spot menarik untuk menikmati keindahan telaga dari sisi yang berbeda selain batu ratapan angin. Nuansa yang bisa disebut Kali birunya Dieng ini, bisa menjadi alternatif lain untuk menikmati Sunset dan sunrise yang ajib di daerah yang dipercaya sebagai tempat tinggal para Dewa ini.

So, tunggu apalagi Guys, angkat ranselmu dan rasakan pesona ketinggian dieng dengan sudut berbeda dari petak 9 bukit sidengkeng!!

 

 

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

1 thought on “Petak 9, Sudut lain menikmati Ketinggian Dieng Plateu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *