Alam & TamanPantaiPulau

Kemilau Pesona Kepulauan Hinako, Sumatera Utara

Dari namanya aja udah serasa di Negeri Matahari Terbit yah, sebenarnya Kepulauan Hinako merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona dan menakjubkan bagaikan surga. Pulau nan indah dan masih sangat alami ini terletak di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia atau terletak di pesisir sebelah barat dari Pulau Nias yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Kepulauan Hinako terletak tidak begitu jauh dengan Mentawai. Dengan karakteristik yang nyaris sama, kawasan ini memiliki ombak yang sangat menarik dan selalu dicari oleh wisatawan mancanegara. Oh ya, banyak pantai di sini yang cocok untuk snorkeling dan diving karena pemandangan bawah lautnya memukau.

Foto by Boombastis

Perairan di sekitar Kepulauan Hinako  memiliki kandungan sumber daya laut yang potensial untuk dikembangkan. Hamparan terumbu karang di wilayah ini cukup luas dan kaya akan berbagai jenis ikan karang dan biota lainnya. Kekayaan akan sumber daya laut di wilayah ini tidak hanya dimanfaatkan oleh nelayan setempat, tetapi juga oleh nelayan dari luar daerah, bahkan luar propinsi. Wilayah perairan ini sudah lama dijadikan ‘fishing ground’ oleh berbagai nelayan dari luar, terutama perusahaan besar yang menangkap ikan kerapu hidup, Napoleon dan ikan hias.

Selain itu, pantai-pantai di gugusan pulau-pulau di wilayah ini mempunyai pasir putih dan celukan-celukan yang sangat indah dan ombak yang bagus untuk melakukan selancar yang berpotensi dikembangkan menjadi tempat wisata. Banyak sekali pantai yang masih sangat alami. Mayoritas pantai di kawasan ini memiliki tekstur pasir yang sangat lembut dan air laut yang berwarna biru cerah. Di pantai ini kamu bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti berenang atau hanya sekadar menikmati suasana pantai yang sangat tenang dan menghanyutkan.

Oh ya, sekadar informasi saja buat kamu yang hendak berkunjung kesini, Kepulauan Hinako memiliki 8 buah pulau yang cukup besar. Dari delapan pulau itu hanya lima yang berpenghuni lalu sisanya pulau yang hanya digunakan untuk kebutuhan wisata saja. Kalau kamu ingin menjelajahi keindahan pantai-pantai di kawasan Kepulauan Hinako, coba jelajahi semua pulaunya sampai habis dan nikmati semua keindahan yang tak terbatas dan pastikan kamu tidak membuang sampah dengan sembarangan yah.

Tags

BerlianSelig

Jangan biarkan dunia merubahmu tapi berusahalah dunia yg mengubah kita

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *