Air TerjunAlam & TamanDanau & Sungai

Pesona Elok Air Terjun Watu Ondo

Kota Jember yang dikenal dengan kota pendidikan ini menarik sekali untuk dijadikan tempat berburu wisata. Dimulai dari berbagai peninggalan sejarahnya, aneka pantai, wisata air terjun dan wisata menarik lainnya yang masih natural. Salah satunya untuk air terjun yang diberi nama Watu Ondo ini layak banget buat dikunjungi sebagai destinasi favorit saat kamu berkunjung ke kota Jember.

sumber foto: m.kompasiana.com
sumber foto: m.kompasiana.com

Air terjun Watu Ondo merupakan satu diantara sederet wisata air terjun yang daya pikatnya tak perlu diragukan lagi. Sesuai dengan namanya, Dalam bahasa Jawa Watu berarti Batu dan Ondho berarti tangga. Jadi, mungkin bisa diartikan Watu Ondo adalah air terjun yang airnya mengalir diantara batu dan alirannya seperti tangga yang cukup tinggi dan berundak. Namun ternyata air terjun ini tidak memiliki ketinggian seperti tangga, melainkan sebuah air terjun pendek dimana terdapat sebuah batuan lebar sebagai tempat aliran air. Aliran airnya pun cukup unik, tidak terlalu deras dan mengalir di sela-sela batuan tadi seperti tirai-tirai yang indah.

 

 

trekking menuju watu ondo (sumber foto: m.kompasiana.com)
trekking menuju watu ondo (sumber foto: m.kompasiana.com)

 

Lokasi

Kecamatan Tampurejo, Kabupaten Jember.

Akses

Nah, buat kamu yang berniat berkunjung ke Air terjun Watu Ondo aksesnya bisa ditempuh dengan mengunjungi langsung area Perkebunan kakao Kotta Blatter. Atau alternative lain melalui jalan ke pusat kecamatan Ambulu dengan memilih jalan ke arah timur, disitu akan ampak papan petunjuk jalan bertuliskan Kotta Blatter. Dengan melewati beberapa portal di perkebunan dan perumahan penduduk hingga ke sudut lokasi tempat parkir kendaraan, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan trekking diantara perkebunan karet untuk sampai di perbatasan antara area perkebunan dengan taman nasional meru betiri. Jalan di Taman Nasional Meru Betiri untuk menuju air terjun watu ondo ini sangat menantang, karena jalannya cukup licin dan sedikit curam, karena pengelolaannya belum maksimal. (sumber:kotawisataku.id)

 

keseruan lompat di air terjun watu gedheg (sumber foto: m.kompasiana.com)
keseruan lompat di air terjun watu gedheg (sumber foto: m.kompasiana.com)

Menariknya, saat trekking menyusuri perkebunan menuju ke Air terjun watu Ondo kamu akan disuguhkan dengan keindahan air terjun watu gedheg dan watu mejo yang alirannya tak kalah sejuk dengan aliran air watu ondo. Dijamin, ketika sudah sampai di air terjun watu ondo kamu ngak bakalan bisa menahan diri untuk langsung menceburkan diri ke dalam kolam dengan kedalam antara 2-2,5meter.  Pepohonan hijau yang asri dan pancuran air turut mendukung bagi kamu yang ingin memecah kepenatan. Air yang jernih dan berwarna hijau tosca serta dedaunan yang disinari pantulan sinar matahari tampak menentramkan jiwa.

air-terjun-watu-ondo-2
sumber foto: m.kompasiana.com

Sekedar saran saat mengunjungi salah satu air terjun kebanggaan Jember ini guys:

  • Usahakan kondisi fisik dan kendaraan motor yang prima, karena kondisi jalan yang licin dan kita masih harus trekking untuk menuju ke lokasi.
  • Bawa kamera buat eksis dan narsis di air terjun
  • Bawa bekal makanan dan minuman dari rumah, dan jaga kebersihannya dengan tidak meninggalkan jejak sampah di sekitar lokasi. Sebab selain masih berada di kawasan Taman Nasinal Meru Betiri yang harus dijaga kelestariannya, sudah kewajiban kita untuk sadar dan peduli menjaga dan menghargai kebersihan alam.

 

Let’s Start Your Journey !!!!

 

Source : jembertraveler.com & kotawisataku.id

 

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *