Kopdar

Perayaan 1st Anniversary BPJ 33 “Traditional Party”

Untuk pertama kalinya Backpacker Jakarta 33 atau yang kerap disapa BPJ 33 genap berusia satu tahun pada hari Senin, (07/01/2019). Karena suatu hal, Perayaan 1st Anniversary baru bisa dilaksanakan pada tanggal 23-24 Februari 2019 bertempat di Villa Megamendung, Bogor. Acara ini diikuti peserta sebanyak 40 orang dengan menyungsung Tema “Traditional Party”. Meeting Point (Mepo) dijadwalkan pada pukul 08.00 WIB di Stasiun Bogor.

Sebelum peserta datang, panitia telah tiba terlebih dahulu  untuk mempersiapkan tempat berlangsungnya acara. Banner berukuran 4 x 3 meter yang bertuliskan 1st Anniversary BPJ 33 dipasang di tembok dengan beberapa balon dan pita yang diletakan di pojok atas kanan dan kiri banner untuk memperindah tampilan background.

Balon warna-warni ditempel di atas plafon yang setiap balonnya dipasang pita lengkap dengan foto-foto untuk mempercantik ruangan sekaligus mengenang kembali pertemuan awal warga BPJ 33.  Mulai dari foto kopdar pertama di Monas, meet-up yang sering dilakukan disalah satu cafe yang berada di tebet, Camcer perdana di Gunung Putri, Pendakian ke Gunung Prau, kegiatan buka bersama Akbar BPJ, Bakti sosial di Panti Asuhan, perayaan Ultah BPJ yang ke 5, dan terakhir keikutsertaaan dalam Fun Futsal dan Fun Badminton.

Pembukaan Acara Oleh Panitia

Acara dimulai pukul 14.00 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh panitia, dilanjutkan dengan beberapa perlombaan. Para Peserta termasuk pakte dan bute dibagi menjadi 4 kelompok dengan nama-nama kelompoknya adalah gunung yang ada di Indonesia. Kelompok mereka diantaranya Rinjani, Batu, Semeru, dan Merapi. Perlombaan diawali dengan pembuatan Yel-yel oleh masing-masing kelompok. Disesi ini cukup menghibur karena masing-masing kelompok saling beradu celotehan dengan kelompok lainnya. Yel-yel dengan gerakan yang tidak kompak membuat peserta lainnya tertawa dan beradu mulut. Karena Yel-yel mereka yang rata-rata cukup bagus, membuat panitia kesulitan untuk menentukan pemenangnya.

Perlombaan untuk memeriahkan Acara

Perlombaan pertama adalah “tidak panjang tidak nikmat”. Apakah itu? Jadi perlombaan ini adalah mencari barisan kelompok terpanjang yang menjadi pemenangnya. Masing-masing kelompok menggunakan apa saja yang menempel dibadannya untuk membuat barisan mereka jadi panjang, seperti menggunakan ikat pinggang, tali sepatu, tas, bahkan ada yang lepas baju dan celana mereka.

Selanjutnya perlombaan kedua adalah “sarung estafet”. Disesi ini masing-masing kelompok menyiapkan dua orang digaris awal, dan dua lagi ditengah lintasan. Dua orang pertama menggunakan sarung secara bersamaan, kemudian sarung tersebut gantian dikenakan kepada kedua peserta lainnya yang sudah siap dilintasan yang akan dibawa sampai garis finish. Yang membuat perlombaan ini sulit adalah karena peserta lomba tidak diperkenankan menggunakan tangannya untuk memegangi sarung.

Lomba ketiga adalah “mendirikan menara sutet”, jadi Masing-masing kelompok membuat menara dengan menggunakan sedotan sebanyak 5 bh, kelompok paling cepat dan tertingilah yang memenangkan perlombaan ini. Kelihatanya memang cukup mudah, tapi beberapa kelompok kesulitan untuk membuatnya.

Perlombaan terakhir adalah “Sedot sampai habis”, Panitia sudah menyiapkan minuman botol berukuran besar untuk diminum para peserta menggunakan sedotan. Diawali dari peserta pertama dari masing-masing kelompok meminum dengan menggunakan satu sedotan, dilanjutkan peserta kedua menyambung sedotan tersebut dan selanjutnya sampai peserta terakhir. Kesulitannya dalah semakin banyak sedotan semakin sulit air yang keluar.

Dari empat perlombaan, kelompok terbanyak menang dan tiga diantaranya menjuarai juara satu adalah kelompoknya pakte, yaitu Rinjani. Celotehan Pakte membuat suasana semakin seru dan membuat tawa, kata-kata yang sering keluar dari mulutnya “kalian itu datar, Flat” membuat kelompok lain semakin memanas dan memancing perang mulut.

Pembagian Doorprize Tahap Pertama

Pukul 16.00 WIB perlombaan sudah selesai dilaksanakan, dilanjutkan sesi pembagian doorprize yang pertama akan dibagikan. Semua peserta diharuskan masuk ke dalam kolam renang jika ingin mendapatkan Doorprize. Tulisan hadiah Doorprize telah dimasukan ke dalam bola kecil dan disebar ke dalam kolam, beberapa peserta yang beruntung mendapatkan tas, powerbank, botol minum, dan Voucher belanja.

Makan Malam Bersama

Pukul 19.00 WIB jamuan makan malam sudah siap, daun pisang sepanjang 5 meter yang diatasnya sudah disediakan nasi uduk, ayam goreng, ikan asin, tahu, dan lalapan menjadi santapan makan malam. Rasa kekeluargaan semakin kental dengan jamuan makan malam dengan konsep Liwetan yang disediakan Panitia.

Malam Puncak perayaan Anniversary

Malam puncak perayaan 1st Anniversary dimulai pukul 20.00 WIB, diawali dengan masing-masing peserta membawa kado silang senilai minimal Rp. 20.000,- yang dibungkus kertas warna putih. Selanjutnya peserta melakukan fashion show dengan baju adatnya masing-masing yang diiringi dengan beberapa lagu daerah. Para peserta berjalan sesuai dengan instruksi  panitia, dan setiap peserta melakukan tiga gaya foto sesuai gayanya masing-masing untuk mengakhiri jalan mereka.

Mereka semua sangat antusias, bahkan ada satu peserta yang membuat baju adatnya sendiri mulai dengan membuat rok yang terbuat dari tali rapia dan mahkota dari kemoceng dengan tema adat papua. Ada yang baju adatnya didatangkan langsung dari lombok, ada pula yang menyewa, tapi ada juga yang hanya seadanya tapi tetap sesuai dengan tema.

Pemenang Costum terbaik

Disesi ini diambil dua best costum terbaik satu pria dan satu wanita, yang dimenangkan oleh Hilda dengan baju adat Papuanya dan Ragga dengan baju adat Lomboknya.

Pemberian AWARD Untuk Member BPJ 33

Pukul 22.00 WIB pembagian hadiah untuk perlombaan dimulai, satu persatu kelompok telah mengambil hadiahnya. Selanjutnya adalah pembagian doorprize tahap kedua diantaranya memperebutkan voucher belanja, tas, kemeja, power bank, botol minuman, dan hadiah utama satu buah Blender.

Panitia juga mengumumkan member BPJ 33 yang mendapat Award berdasarkan hitungan hasil suara terbanyak dari Warga BPJ 33, diantaranya diberikan kepada Agus sebagai member Terkalem, Ratna member Tercantik, Neny meraih 2 Award yaitu member Teraktif dan Anti Baper, Juna mendapatkan 2 Award Terganteng dan Terhumble, dan terakhir Pakte mendapat paling banyak Award yaitu Terjulid, Tersakiti, dan Terhits. Award ini diberikan untuk memeriahkan sekaligus memberikan apreasiasi kepada para membernya.

Selain itu panitia juga mengumumkan tiga Pemenang ucapan Anniversary di Instagram BPJ 33 yaitu juara satu diraih oleh desy, Juara 2 oleh Group Futsal 33, dan juara 3 oleh Klub Talent, dan para pemenang mendapatkan hadiah yang sudah disiapkan oleh panitia penyelenggara.

Acara tiup lilin dan potong kue dilakukan pukul 23.30 WIB dengan menyanyikan lagu selamat ulang tahun yang dinyanyikan bersama oleh semua warga BPJ 33. Setelah membersihkan ruangan, sebagian warga memilih untuk tidur, tapi ada pula yang masing ngobrol, dan ada juga yang main UNO sampai menjelang pagi. Pukul 12.00 WIB semua warga sudah siap untuk pulang kerumah nya masing-masing.

Kenang-kenangan untuk Admin BPJ 33

Terima kasih kepada Pakte (Sultan Muhammad Yusuf) dan Bute (Rusma Naillah) yang sudah bersedia menjadi admin 33. Terima kasih kepada panitia yang sudah menyiapkan acara ini dengan sangat luar biasa, yang terdiri dari Ketua (Risma), Wakil Ketua (Harjuna), dan (Para Anggota) Rinto, giyat suherman, emelia dan Neny. Terima kasih juga kepada semua warga yang sudah menyempatkan waktunya untuk datang dalam perayaan 1st Anniversary, dan terima kasih kepada warga 33 yang telah mensupport acara ini.

Andai terus bersama….

Foto dan Video tidak akan pernah bisa mengingatkan dan menceritakan sepenuhnya apa yang terjadi saat itu, tapi dengan tulisan ini semoga warga BPJ 33 selalu mengingat akan kebersamaan yang pernah kita ukir. Kelak generasi kita yang akan datang akan membaca ini dan kitalah bagian dari sejarah mereka.

Author: Harjuna Edi / RT 33 / KUBBU
Editor : @febe_shinta

Sumber Foto : Dokumentasi Panitia Anniversary BPJ 33
PIC : Risma dan Harjuna

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *