Alam & TamanGunungLiputan Trip

Pendakian Gunung Bongkok Part 4 – Purwakarta

Purwakarta merupakan salah satu daerah terkecil kedua yang memiliki banyak tempat wisata yang wajib kalian kunjungi. Salah satunya adalah Gunung Bongkok yang terletak di Cisarua, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Gunung Bongkok merupakan sebuah gunung batu yang memiliki ketinggian 975 mdpl, yang bisa dikatakan sebagai sebuah bukit namun memiliki jalur yang cukup lumayan ekstrim untuk dilewati, tapi kalian tidak perlu khawatir karena Gunung Bongkok ini dikelola secara resmi sehingga terdapat tali yang bisa membantu kalian dalam melakukan pendakian.

New Image5

Untuk sampai ke puncak, kalian harus melewati tiga tanjakan yang harus diwaspadai yaitu tanjakan 700 mdpl, 800 mdpl dan 950 mdpl yang dimana saat hujan turun akan membuat jalur pendakian ini semakin licin untuk dilewati dan diperlukan kewaspadaan ekstra.

New Image4

Walaupun gunung ini memiliki jalur yang extrime, tidak membuat satu komunitas ini untuk terus mengunjunginya. Kali ini Komunitas dari Backpacker Jakarta kembali melakukan pendakian ke Gunung Bongkok Part 4 pada tanggal 6 sampai 7 Agustus 2016 dengan total peserta 30 orang termasuk para CP yaitu Amiral Arif dan Wiryo.

New Image3

New Image1

Pendakian Gunung Bongkok Part 4 ini dikenakan biaya sharecost sebesar Rp 90.000,- / orang yang sudah include dengan tiket kereta api PP dari Stasiun Jakarta Kota sampai Stasiun Purwakarta dan sebaliknya, transport dari alun alun purwakarta ke basecamp gunung bongkok, sewa saung dan biaya simaksi.

Jadwal keberangkatan dan meeting point ke gunung bongkok yaitu di Stasiun Jakarta Kota pukul 16.35 dan tiba di Stasiun Purwakarta pukul 20.15. Mengapa lama ? itu dikarenakan ada banyaknya kereta yang berhenti dan mendahulukan kereta yang mengarah ke Jawa. Tetapi semua hambatan itu tidak mengurungkan niat para peserta untuk melihat keindahan Gunung Bongkok secara langsung.

New Image2

Setelah sampai di Stasiun Purwakarta, semua peserta dan CP pun tidak lupa untuk kuliner terlebih dahulu sambil menyaksikan Festival Panggung Nusantara yang sedang berlangsung disana dan sampai pada akhirnya melanjutkan perjalanan menuju Basecamp Gunung Bongkok dengan waktu kurang lebih setengah jam perjalanan.

Sesampai disana semua peserta disambut oleh Kang Atep yang merupakan petugas dari Basecamp Gunung Bongkok. Setelah melakukan simaksi, semua peserta di antar menuju pos 2 ( saung ) dan trekking selama kurang lebih 10 menit. Saung ini merupakan tempat bagi para peserta dan CP untuk beristirahat sambil menunggu pagi. Sebagian dari peserta memilih untuk ngopi dan bermain kartu serta berbincang bersama karena Cahya salah satu member membawa kopi  lahat yang mencairkan suasana saat itu.

Tanpa terasa jam 04.00 pagi pun tiba dan semua peserta siap untuk mulai melakukan pendakian. Berikut adalah perkiraan waktu yang dihabiskan untuk mencapai puncak Gunung Bongkok :

1. Pos II ( Saung ) – Persimpangan Puncak ( 1 Jam )

2. Persimpangan Puncak – Puncak Datar ( 15 Menit )

3. Puncak Datar – Puncak Batu Tumpuk ( 20 Menit )

New Image1

Salah satu keunikan dari Puncak Batu Tumpuk ini adalah disana terdapat telapak kaki yang mitos nya adalah telapak kaki dari seorang ksatria yang bernama Jonggrang Kalapitung. Begitulah sekelebat perjalanan BPJ menuju Gunung Bongkok yang selalu menjadi spot terfavorite para peserta.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *