Perjalanan Menaklukkan Ketinggian : Mendaki Gunung Bongkok

Ditulis Oleh: Tri Utomo

Hari itu tanggal 30 Juni 2023, saya memulai perjalanan mendaki Gunung Bongkok dari Jakarta. Pada malam hari, tepat jam 11 malam, saya bersiap-siap untuk bertemu dengan rombongan petualang di basecamp backpacker Jakarta. Suasana malam yang tenang dan hening membuat saya semakin bersemangat untuk memulai petualangan mendaki gunung ini.

Setelah melakukan persiapan, seperti memeriksa peralatan mendaki dan membawa persediaan makanan dan air minum yang cukup, saya bergegas menuju basecamp dengan perjalanan sekitar 3 jam an dari Jakarta. Tiba di basecamp di Purwakarta jam 04.00 WIB. Saya berkumpul dengan rombongan, yang terdiri dari orang-orang yang memiliki semangat dan hasrat yang sama untuk menjelajahi keindahan alam Gunung Bongkok.

Pada saat itu, saya bisa merasakan antusiasme dan semangat yang menggebu-gebu dari setiap petualang yang hadir. Kami saling berbagi cerita tentang pengalaman mendaki sebelumnya dan berbagi tips dan trik untuk menghadapi tantangan di Gunung Bongkok ini. Semua ini menambah semangat dan kebersamaan dalam perjalanan mendaki ini. Kali ini saya bersama 8 teman lainnya se grup yang gabung dalam trip ini.

Setelah beberapa saat berkumpul dan berdiskusi, kami akhirnya berangkat menuju Gunung Bongkok sekitar pukul 05.30 Pagi. Meski sudah larut malam, energi dan semangat kami tidak pernah padam. Kami menyusuri jalan yang sepi dan gelap dengan alat penerangan yang kami bawa sendiri.

Perjalanan menuju Gunung Bongkok dari Jakarta cukup melelahkan. Kami melewati jalan tol yang sunyi dan tenang di tengah malam. Suara kendaraan yang jarang terdengar membuat perjalanan ini terasa begitu damai. Kami semua membawa perasaan syukur dapat menjalani pengalaman unik ini.

Setelah beberapa jam perjalanan yang panjang, kami akhirnya tiba di basecamp di kaki Gunung Bongkok. Walaupun lelah, semangat dan antusiasme kami tidak luntur. Kami bersiap untuk memulai pendakian dengan semangat yang membara.

Saya merasa beruntung karena dalam perjalanan mendaki ini, saya dibantu oleh CP yang sangat handal yang sangat berpengalaman. CP ini mengajari kami tentang teknik mendaki, memberi kami informasi tentang jalur yang akan kami lewati, dan menjelaskan tentang keindahan alam di sekitar Gunung Bongkok. Kehadiran CP tersebut membuat kami merasa lebih percaya diri dan aman selama perjalanan mendaki.

Tidak lama setelah memulai pendakian, kami mulai merasakan tantangan fisik yang harus dihadapi. Trek yang terjal dan licin membuat langkah-langkah kami harus lebih hati-hati. Namun, semangat untuk menaklukkan Gunung Bongkok bertenaga tinggi dan tidak pernah luntur.

Perjalanan mendaki menuju puncak Gunung Bongkok dari Jakarta memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Saat langit mulai cerah dan matahari terbit, kami tiba di area perkemahan yang indah di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Terasa luar biasa saat melihat pemandangan yang menakjubkan di sekitar kami setelah melewati perjuangan dalam pendakian ini.

Setelah rehat sejenak dan menikmati pemandangan, kami melanjutkan perjalanan menuju puncak yang masih jauh. Langkah setapak demi setapak, kami melintasi hutan yang rimbun dan menghadapi medan yang semakin terjal. Namun, keindahan alam sekitar dan semangat petualangan terus membara di dalam diri kami.

Akhirnya, setelah perjuangan dan ketekunan yang keras, kami sampai di puncak Gunung Bongkok. Pemandangan yang menakjubkan menyambut kami dengan hangat. Keindahan alam yang terhampar di sekeliling membuat hati saya bergetar dengan perasaan tak terungkapkan.

Setelah menikmati pemandangan yang menakjubkan, kami memutuskan untuk mulai turun dan kembali ke basecamp. Langkah demi langkah, dengan hati penuh bahagia, kami menuruni Gunung Bongkok yang telah berhasil kami taklukkan.

 

Perjalanan ini dari Jakarta menuju Gunung Bongkok adalah petualangan yang penuh warna. Dari kegelapan malam sampai puncak Gunung Bongkok yang menakjubkan, setiap momen memberikan pelajaran dan keindahan yang tak terlupakan.

Saya berharap pengalaman saya ini dapat menginspirasi orang lain untuk menjelajahi keindahan alam di sekitar mereka dan merasakan semangat petualangan yang sama seperti yang saya rasakan.

 

 

 

Hits: 50

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok.

Instagram : @backpackerjakarta
Tiktok : @backpackerjakarta
Twitter : @official_bpj
Facebook : backpackerjakarta
Group Wa : 081237395539

Baca Artikel Lainnya