Liputan TripPantaiPulau

Pesona Lumba Lumba Di Teluk Kiluan Bersama Backpacker Jakarta Part 2

Teluk Kiluan merupakan sebuah teluk yang terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung dan cocok bagi wisatawan yang gemar berpetualang. Untuk mencapai Kiluan dari Jakarta dan sekitarnya kalian harus menyebrangi Selat Sunda dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakaheuni di Lampung.

Berfoto di gerbang Kiluan
Berfoto di gerbang Kiluan

Topografinya yang berbukit dan berlembah menarik untuk dijelajahi. Perjalanan menuju Teluk Kiluan sudah merupakan tantangan tersendiri bagi para wisatawan. Jalan darat di Pesisir Barat Sumatera itu belum terlalu mulus sehingga perlu keterampilan dalam mengemudikan kendaraan untuk melewatinya.

Salah satu CP Sigit
Salah satu CP Sigit

Di Pulau ini kalian dapat melihat kumpulan Lumba-Lumba yang jumlahnya ratusan ekor. Setidaknya ada dua jenis Lumba-Lumba di perairan ini, spesies pertama adalah Lumba-Lumba Hidung Botol (Tursiops Truncatus) dengan badan yang lebih besar dan pemalu. Spesies yang kedua adalah Lumba-Lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil dan senang melompat serta kononnya, kumpulan Lumba-Lumba di Teluk Kiluan adalah yang terbesar di Asia, bahkan di Dunia. Wisatawan yang berminat menyaksikan dari dekat Lumba-Lumba di Habitat aslinya bisa menyewa perahu di Teluk Kiluan.

Keseruan Saat Eksplore Kiluan
Keseruan Saat Eksplore Kiluan

Kesempatan kali ini, Komunitas dari Backpacker Jakarta yang memiliki slogan susah senang dirasakan sama sama ini melakukan trip kedua kali nya ke Teluk Kiluan dengan biaya sharecost sebesar Rp 300.000,- / orang pada tanggal 05 – 04 September 2016. Dengan diikuti oleh 26 orang peserta, perjalanan inipun terlaksana dengan digawangi oleh Baim dan Fahri sebagai CP serta meeting point di Pelabuhan Merak.

Nah, pasti kalian penasaran dong, kegiatan apa saja sih yang dilakukan oleh semua peserta di Teluk Kiluan ? Yuk kita ulas secara singkat, padat dan jelas tentunya.

Pulau Laguna

Keistimewaan Teluk Kiluan lainya adalah Laguna Gayau atau Kolam Renang alami yang terletak di Balik Bukit Teluk Kiluan.  Destinasi ini tak kalah menarik, bahkan justru lebih menantang dan eksotik. Sebuah kolam renang raksasa berwarna biru, yang terbentuk oleh kontur alam bebatuan dan air di laut tersebut. Sayang nya pada saat itu Pulau Laguna sedang ditutup sehingga semua pesertapun tidak bisa masuk, tetapi kekecewaan saat itu tergantikan karena keesokan hari nya para peserta melihat banyak sekali lumba lumba diteluk kiluan.

Menikmati Pesona Lumba Lumba

Lumba-lumba di Teluk Kiluan
Lumba-lumba di Teluk Kiluan

Salah satu keistimewaan Teluk Kiluan adalah atraksi lumba-lumba di laut lepas. Pasti banyak dari kita yang sudah melihat lumba-lumba, baik di kebun binatang, akuarium, atau bahkan dari film-film dokumenter. Tetapi saat kalian melihat lumba-lumba melesat dan menari di laut lepas di habitat asli mereka kalian akan terpesona secara tidak langsung.

WhatsApp Image 2016-09-08 at 16.14.34(1)

Lumba-lumba itu cukup akrab dengan manusia dan senang mendekati perahu atau kapal yang tengah melintas di laut. Dari jauh, sirip lumba-lumba itu mirip antena kapal selam. Setelah dekat, lumba-lumba pun berloncatan, bergantian menyelam, timbul tenggelam, hampir tidak ada jarak dengan perahu.

Pulau Kelapa

Bukan hanya melihat pesona lumba lumba, semua peserta juga memiliki kesempatan untuk memanjaka diri di Pulau Kelapa atau dikenal pula sebagai Pulau Kiluan. Pulau ini merupakan destinasi lain di Teluk Kiluan yang kerap menjadi tujuan utama lainnya saat datang ke teluk tersebut. Di pulau yang  luasnya hanya sekitar 6 hektar ini, kalian dapat menikmati keindahan sebuah pulau kecil di tengah teluk.

Pulau Yang Indah
Pulau Yang Indah

So gaes, Lampung adalah surga nya pantai dengan banyak lokasi destinasi indah yang tersembunyi bahkan bisa membuatmu bergidik kagum ketika kamu mengunjunginya!

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *