Pantai

Pantai Pasir Putih Malikan

Pantai Pasir Putih Malikan atau lebih biasa di kenal dengan Pantai Papuma ini terletak di Kabupaten Jember,tepatnya berada di desa Lojejer Kecamatan Wuluhan. Pantai ini berjarak sekitar 40km sebelah selatan dari pusat kota Jember. Disebut juga sebagai “Tanjung Papuma” karena di pantai ini terdapat hamparan batu karang yang menjorok ke laut.

Photo By. pinterest.com
Photo By. pinterest.com

Pantai Papuma menawarkan pemandangan alam yang indah,tak hanya pasir putihnya saja,di sini terdapat batu batu karang berwarna hijau,hitam dan putih yang beraneka bentuknya di sisi barat pantai. Dari kejauhan kita bisa melihat deretan karang karang besar yang membentuk deretan pulau kecil. Deretan pulau kecil ini di beri nama Pulau Batara,Pulau Guru,Pulau Kresna,Pulau Narada,Pulau Nusa Barong,Pulau Kajang dan Pulau Kodok. Pulau kodok bentuknya seperti kodok sedangkan pulau narada bentuknya seperti topi dewa narada. Dua buah batu karang besar yang membentuk seperti pulau kecil yakni pulau kajang dan pulau narada adalah yang menjadi ikon utama dari pantai ini. Wisatawan sering memakai tempat ini sebagai objek dari fotografi saat berkunjung ke papuma. Pemandangan yang indah juga dapat kita nikmati dengan naik ke bukit Siti Hinggil. di bukit ini kita bisa menikmati panorama pantai papuma dari atas secara keseluruhan.

tanjung-papuma-2
Photo By. tripadvisor.com.au

Tiket masuk ke wisata ini juga cukup murah,kita cukup membayar tiket masuk sebesar Rp.3000 per orang. Tarif parkirnya untuk kendaraan roda dua sebesar Rp.1000 sedangkan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp.7000 . Lokasi parkir di tempat ini juga luas,berbagai fasilititas seperti warung makan,tempat ibadah,kamar mandi dan juga penginapan. Berbagai makanan dengan menu laut ataupun es kelapa muda bisa kita santap disini.

Photo By. tripadvisor.com.au
Photo By. tripadvisor.com.au

Untuk menuju ke lokasi pantai ini kita menempuh perjalanan sekitar 60-90 menit dari pusat kota jember. Ada tiga jalur alternatif yang bisa kita tempuh yakni,

Jalur Pertama : Sekitar 3km jalan belum beraspal tembus langsung menuju loket masuk. Jalur ini terletak di sebelah selatan Gunung Watangan. Gunung ini terletak di utara pantai papuma dan watu ulo. Ujung timur gunung ini memasuki wilayah kecamatan Ambulu,bagian tengah berada di kecamatan Wuluhan dan di sebelah barat masuk wilayah kecamatan Puger.

Jalur Kedua : Masuk melalui pantai watu ulo yang merupakan wilayah kecamatan Ambulu. sebelum masuk ke wilayah pantai papuma kita melewati pantai watu ulo yang terletak di timur papuma.

Jalur Ketiga : Jalur ini merupakan jalur terberat,perjalanan ini melalui pusat kecamatan Wuluhan. Jalur ini hanya bisa di lalui oleh kendaraan roda dua,bahkan saat hujan hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki karena kondisi jalan yang berlumpur saat hujan dan banyak yang rusak.

Photo By. touristroad.blogspot.com
Photo By. touristroad.blogspot.com
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *