Pantai Mananga Aba, Sumba – Pesona Tersembunyi yang Memiliki Hamparan Pasir Putih

Pantai Kita atau Pantai Mananga Aba terletak di Desa Karuni, Kecamatan Loura, Sumba Barat Daya, NTT. Hamparan pasir putih dan air laut biru kehijauan membuat siapapun takjub dengan pesonanya.

Keistimewa pantai ini menyajikan pemandangan terbit dan terbenamnya Matahari di satu garis pantai yang sama.

Pantai berpasir putih ini masih asri dan belum banyak dibangun pemukiman atau fasilitas wisata sehingga kesan sebagai sebuah pantai yang tersembunyi masih layak melekat. Sekelompok jajaran pohon cemara dan pohon-pohon lain di tepi pantai menambah keasrian dan kesejukan suasana di pantai ini. Tentu membuat cantik photo lanscape kalian.

Di beberapa tempat tampak bangunan-bangunan kecil dan pendek dari kayu dan atap ilalang yang tampaknya dibuat oleh beberapa nelayan-nelayan dari tempat lain untuk singgah sementara.

 

Ketika hari libur pantai ini kerap banyak dikunjungi warga sekitar dari pagi hingga sorenya. Mereka biasa bermain pasir, sekedar berjalan di pesisirnya atau berenang di pinggir pantai.

Jika tidak ingin basah-basahan, kalian bisa memilih alternatif lain untuk menikmati keindahan Pantai Mananga Aba. Kano atau berperahu adalah pilihannya. Manfaatkan pula perahu nelayan bila Anda berminat untuk pergi memancing. Sepulang dari berburu ikan langsung saja mengolah ikan tersebut bersama nelayan setempat dimana itu akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Akomodasi di Pantai Mananga

Meski belum banyak fasilitas yang ada di pantai mananga aba ini, tetapi kalian tak perlu khawatir mencari tempat penginapan untuk beristirahat. Di depan Pantai Kita ada satu hotel berdiri megah yang dimiliki oleh pengusaha asal Bali. Hotel Pantai Kita (namanya) menyediakan banyak kamar dengan layanan layaknya hotel berbintang. Harga per malamnya antara Rp400.000,- Rp1.000.000,-. Pihak hotel menyediakan jemputan dari dan ke bandara. Untuk makan harian pun pihak hotel dapat menyediakan sesuai pesanan tamu.

Apabila Anda berniat berenang maka pilih sisi dengan gelombang paling tenang. Itu karena ombak yang besar dengan sudut pantai yang agak curam bisa saja membahayakan.

Jangan membuang sampah sembarangan di pantai ini meski di beberapa sudut pesisir bertebaran sampah organik berupa ranting-ranting pepohonan. Alangkah baiknya apabila Anda membawa pulang bungkus makanan atau botol minuman yang dibawa saat menyambangi pantai berpasir putih ini.

Transportasi menuju Pantai

Pantai Mananga lokasinya tidak begitu jauh dari Bandara Tambolaka, yaitu sekitar30 menit perjalanan. Akses jalan raya menuju Pantai ini cukup bagus. Jalan telah di aspal sampai ke Pantai Mananga Aba. Anda dapat memanfaatkan kendaraan sewa dari bandara untuk langsung diantar ke Pantai Mananga Aba. Memang tidak banyak pilihan kendaraan umum di Sumba kecuali menyewanya di bandara.

Sumber: wisataterkini.com

Hits: 68

Baca Artikel Lainnya