Danau & Sungai

Menelisik Danau Sentani, Kekayaan Alam Berbalut Kebudayaan

Pariwisata Unggulan Di Tanah Papua

Ini dia salah satu pariwisata unggulan yang dimiliki Papua. Yups, Danau Sentani. Fyi gengs, danau dengan view ciamik ini melingkupi 24 desa dengan berbagai Kesenian serta Kebudayaan yang menarik bagi para wisatawan.

Photo by ngopibareng.com

Luasnya 9.360 hektar dengan kedalaman 70 meter di bawah permukaan laut yang mana wilayah danaunya merupakan satu kesatuan dengan cagar alam Pegunungan Cycloops yang memiliki panorama alam sangat indah dan berbudaya.

Kaya Akan Keanekaragaman Hayati

Di Danau Sentani, kamu bisa menemukan keanekaragaman hayati seperti Pohon Matoa, Pohon Pinang, maupun Kayu Putih. Yups, tentu saja itu adalah tanaman khas yang bisa kamu jumpai di sekitar danau. Dan juga berbagai jenis fauna darat dan air seperti Kupu-kupu, Ikan Nila, Ikan Lohan, maupun Ikan Tawas, kerap tersebar luas disekitar perairan danau ini.

ikan hiu gergaji yang ada di danau sentani

Bahkan, konon katanya, Ikan Hiu gergaji air tawar yang sudah punah pun pernah menjadi hewan khas Danau Sentani. Ngomong-ngomong, bicara soal pariwisata nyatanya tak berhenti disitu saja gengs. Saking menariknya Danau Sentani, Pemerintah Daerah pun akhirnya turun tangan untuk membawa keunggulan-keunggulan tersebut ketingkat lanjut melalui Festival Danau Sentani.

Festival Danau Sentani

Festival Danau Sentani ini biasanya diadakan setahun sekali pada pertengahan bulan Juni di tepian danau Wilayah Kalkote.

Photo by rentalmobilsentani.blogspot.com

Dengan menampilkan berbagai budaya dan kesenian setempat seperti tari tarian, kerajinan khas, hingga berbagai produk budaya lainnya secara unik dan indah, membuat danau yang satu ini sangat worth it disandang sebagai danau yang kaya akan alam dan budayanya. Jadi, kalau kamu penasaran dengan Festival Danau Sentani, datanglah di bulan Juni ya!

Lokasi Danau Sentani

Photo by Galeri Indonesia Kaya

The last, but not least. Danau Sentani berada di wilayah Sentani, ibukota kabupaten Jayapura. untuk menempuhnya, diperlukan waktu selama 15 menit saja dari Bandara Sentani. Yang mana kamu akan menemukan danau terbentang luas sepanjang perjalanan menuju kota Jayapura.


Adapun yang bisa kamu lakukan disini yaitu tentu saja menikmati keindahannya, dengan berkeliling dan mengunjungi pulau-pulau di danau sentani menggunakan perahu motor yang disewakan.

Jadi gimana? Kapan kamu berkunjung kesini ?

Ref: https://www.indonesiakaya.com
Tags

kikyamaleader

Hai! Panggil saja aku Rizky Amalia. Seorang perempuan yang hobby traveling dan hiking, kemudian dengan hati berbunga-bunga selalu bersemangat menceritakan kembali dalam bentuk tulisan agar bisa bermanfaat untuk orang banyak. Anyway, selain aktif menulis di Backpacker Jakarta, aku juga bagian dari Teater Enjuku'18, selain itu pernah menjadi Ketua UKM Seni Budaya STEI '15, Wakil Ketua OSIS SMKN 14, dan bagian dari Paskibra SMKN 14 serta Racata Taekwondo.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close