Editor PicksMuseum & SejarahWisata Jakarta

Museum Perumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan

museum perumusan naskah proklamasi 212

Museum Perumusan Naskah Proklamasi atau disingkat dengan Munasprok adalah sebuah museum yang dibangun untuk mengenang peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia.

museum perumusan naskah proklamasi 88

Gedung seluas 3.914 meter persegi dan luas bangunan 1.138 meter persegi ini pertama kali didirikan pada tahun 1920 dengan gaya arsitektur Eropa. Di dalam gedung tersebut terdapat ruangan, mebel kuno, dan aksesoris yang menggambarkan suasana serupa peristiwa perumusan naskah proklamasi.

museum perumusan naskah proklamasi 16

museum perumusan naskah proklamasi 235

Sebelum diaklamasi sebagai museum, gedung Munasprok pertama kali dikelola oleh perusahaan asuransi bernama PT Asuransi Jiwasraya. Selanjutnya gedung ini diambil alih oleh British Consul General pada Perang Pasifik hingga masuk Jepang mengambil alih. Pada masa pendudukan Jepang, gedung ini menjadi tempat kediaman Laksamana Muda Tadashi Maeda, Kepala Kantor Penghubung antara Angkatan Laut dengan Angkatan Darat.

museum perumusan naskah proklamasi 17

museum perumusan naskah proklamasi 34

Setelah kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, gedung ini tetap menjadi tempat kediaman Laksamana Muda Tadashi Maeda sampai Sekutu mendarat di Indonesia, September 1945. Setelah kekalahan Jepang gedung ini menjadi Markas Tentara Inggris. Setelah masa peperangan berakhir, gedung ini dikontrak oleh Kedutaan Inggris sampai dengan tahun 1981. Selanjutnya gedung ini diterima oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada 28 Desember 1981.

museum perumusan naskah proklamasi 23

museum perumusan naskah proklamasi 19

Tahun 1982, gedung ini sempat digunakan oleh Perpustakaan Nasional sebagai perkantoran. Karena makna historis yang dikandung museum tersebut, Menteri Penedidikan dan Kebudayaan Prof. Nugroho Notosusanto memerintahkan DIrektorat Permuseuman untuk menjadikan gedung tersebut menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamas dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0476/1992 tanggal 24 November 1992.

 

museum perumusan naskah proklamasi 24

Kini Museum Perumusan Naskah proklamasi terbuka untuk umum dan bisa dikunjungi setiap hari kecuali hari senin dan hari libur lainya. Tiket masuk museum ini cukup murah hanya 2000 – 5000 per orangnya tergantung kategori usia anak-anak,mahasiswa atau dewasa. Yuk kemuseum guys bareng backpacker jakarta karena museum ini sudah menjadi agenda klub sejarah dan museum bacpacker jakarta untuk mengenang perjuangan dalam perumusan kemerdekaan.

Sumber : wikipedia

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *