Museum & SejarahWisata Jakarta

Mengenal Perjuangan Bangsa Lewat Museum Joang 45

gedung joang

Museum Joang 45 adalah salah satu museum yang berada di Jakarta Pusat tepatnya di Menteng dan lebih dikenal dengan Gedung Joang. Saat ini pengelolaannya sudah menjadi milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Museum ini terletak di Jalan Menteng Raya 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Museum Joang 45 diresmikan pada tahun 1974 oleh Presiden Soeharto.

museum joang 45 kemerdekaan

SEJARAH

Gedung yang dibangun pada sekitar tahun 1920-an dan pada mulanya adalah sebuah hotel yang dikelola oleh keluarga “L.C. Schomper”, seorang berkebangsaan Belanda yang sudah lama tinggal di Batavia. Hotel ini diberi nama Schomper sesuai nama pemiliknya. Hotel tersebut saat itu termasuk yang cukup baik dan terkenal di kawasan pinggiran Selatan Batavia, dengan bangunan utama yang berdiri megah di tengah dan diapit deretan bangunan kamar-kamar penginapan di sisi kiri dan kanannya untuk menginap para tamu.

museum joang 45 jakarta

Ketika Jepang masuk ke Indonesia (1942-1945) dan menguasai Batavia, hotel tersebut diambil alih oleh para pemuda Indonesia dan beralih fungsi sebagai kantor yang dikelola Ganseikanbu Sendenbu (Jawatan Propaganda Jepang) yang dikepalai oleh seorang Jepang, “Simizu”. Di kantor inilah kemudian diadakan program pendidikan politik yang dimulai pada tahun 1942 untuk mendidik pemuda-pemuda Indonesia dan dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah Jepang.

 

KOLEKSI & FASILITAS

Di museum ini dapat dilihat jejak perjuangan kemerdekaan RI dengan koleksi benda-benda peninggalan para pejuang Indonesia. Di antaranya adalah mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Pertama yang dikenal dengan mobil REP 1 dan REP 2, dan Mobil Peristiwa Pemboman di Cikini.

gedung joang 2

Selain itu ada pula koleksi foto-foto dokumentasi dan lukisan yang menggambarkan perjuangan sekitar tahun 1945-1950-an. Beberapa tokoh perjuangan ditampilkan pula dalam bentuk patung-patung dada.

Fasilitas yang tersedia bagi pengunjung Museum Joang ’45 adalah

1. Ruang Pameran Tetap dan Temporer dengan pojok multi media,
2. Bioskop Joang 45, Studio penayangan film-film dokumenter dan film perjuangan lama.
3. Perpustakaan referensi sejarah ilmiah, dilengkapi komik-komik perjuangan untuk bacaan anak,
4. Childrenroom, ruang khusus untuk kreativitas anak dilengkapi game komputer pahlawan, mewarnai, puzzle, dan permainan knock-down,
5. Foto Studio, menyediakan kostum para pejuang untuk dikenakan pengunjung dan foto instan.
6. Souvenir Shop.
7. Plaza untuk aktivitas outdoor berupa Teater Anak.

CONTACT

Telp. (021) 390-9148, Fax (021) 392-3185
Email: [email protected]

gedung joang 45 jakarta

Nah tiket masuk kemuseum ini cukup Murah ko dimana Dewasa dikenakan biaya Rp 5000 saja sementara mahasiswa dan anak-anak adalah Rp 1000 – 3000 saja. Yuk kemuseum dan cintai sejarah bangsa melalui pengetahuan akan pahlawan negara kita.

 

Sumber : Wikipedia

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close