Seputar Travelling

Merasakan Sensasi Naik Motor Diatas Jalan Tol Bali Mandara Yang Unik

Hai guys, pernah membayangkan naik motor di atas jalan tol yang terapung di atas lautan ? Ah, mana mungkin ya. Tapi, asal kamu tau gengs, aku bukan hanya membayangkan loh. Melainkan ngerasain sendiri sensasi naik motor di atas jalan tol pertama yang ada di Bali ini !

Sumber Foto : tanjungbenoabali.com

HAHAHA. Oke biarkan aku ketawa dulu ngingetnya. Jadi, berawal dari backpackeran ke Bali, tepatnya sepulang dari Pantai Green Bowl yang terletak di Pecatu, Bali. Aku pun bermaksud untuk kembali ke hotel yang berada di Legian.

Sumber Foto : https://asset.kompas.com

Karena hanya mengandalkan Google Maps, aku terus aja mengikuti maps yang mengarahkanku. Hingga akhirnya aku tersadar bahwa di depanku terdapat plang dan loket pembayaran masuk jalan Tol. OH EM JI! Muter balik nggak mungkin, kalau lurus terus bingung itu arah kemana. Akhirnya, yasudahlah aku bayar saja sebesar Rp. 4.500,- untuk kendaraan roda dua.

Sumber Foto : Liputan6.com

Setelah melewati loket, akupun terus melaju dengan penuh kecepatan. Jantungku berdegup kencang melihat jalanan super duper lebar membentang di tengah lautan. Sebelah kiriku adalah laut dan hutan bakau yang berjejeran. Gelap sekali. Karena waktu sudah sekitar pukul 20.00 WITA.

Sumber Foto : http://www.mongabay.co.id

Selama 40 menit aku melalui jalanan panjang yang tak ada habisnya, membuat hati ini pun sedikit takut. Sebab, aku tak tau jalan tol ini arahnya kemana. Sampai akhirnya aku menemukan plang penunjuk jalan bertuliskan “Bandara I Gusti Ngurah Rai” dan melihat banyak lampu-lampu kota diujung jalan, barulah aku merasa seperti mendapatkan titik terang.

Sumber Foto : http://www.thecolourofindonesia.com

Fyi guys, Tol Bali Mandara ini adalah jalan tol pertama yang ada di Bali, bahkan merupakan jalan Tol Terapung pertama di Indonesia. Untuk panjangnya sendiri yaitu 12,7 km di atas laut. Kebayang nggak sih gimana degdegannya saat berada d iatas jalan tol yang panjang banget itu.

Sumber Foto : http://bobo.grid.id

By the way, Tol Bali Mandara ini menghubungkan antara Tanjung Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua. Adapun yang menjadikan jalan tol ini unik yaitu karena 100% buatan Indonesia. Dimana pembangunannya menghabiskan dana 2,4 trilyun yang dibiayai oleh sindikasi bank BUMN dan Jasa Marga, tidak melibatkan APBN sama sekali.

Sumber Foto : http://motobikerz.com

Tak hanya sampai disitu guys, keunikannya lagi bisa terlihat dari adanya jalan yang bisa di pergunakan untuk motor. Yaps, Tol Bali Mandara ini menjadi jalan di atas laut pertama yang memiliki jalur khusus motor. Serta dilengkapi alat pemantau angin selama 24 jam. Dimana jika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih, jalan tol ditutup sementara untuk menghindari resiko kecelakaan.

Sumber Foto : TripCanvas Indonesia

Dan yang terakhir, di Tol Bali Mandara ini juga terdapat CCTV 24 jam yang siap memantau pergerakan kendaraan jika sewaktu-waktu ada kendaraan yang mogok. Waah, keren sekali ya! Gimana ? Mau coba motoran diatas jalan tol yang terapung di lautan ? Datanglah ke Pulau Dewata !

Sumber referensi : www.balipedia.id

 

Tags

kikyamaleader

Hai! Panggil saja aku Rizky Amalia. Seorang perempuan yang hobby traveling dan hiking, kemudian dengan hati berbunga-bunga selalu bersemangat menceritakan kembali dalam bentuk tulisan agar bisa bermanfaat untuk orang banyak. Anyway, selain aktif menulis di Backpacker Jakarta, aku juga bagian dari Teater Enjuku'18, selain itu pernah menjadi Ketua UKM Seni Budaya STEI '15, Wakil Ketua OSIS SMKN 14, dan bagian dari Paskibra SMKN 14 serta Racata Taekwondo.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close