BlogGunung

Menyambut Fajar di Puncak Batu Roti — Bogor

Bogor saat ini begitu terkenal akan wisata dataran tingginya, seperti Puncak Pass, Gunung Gede Pangrango, Gunung Salak, dan beberapa bukit yang tersebar di berbagai sudut kota Bogor. Tipe bukit di ‘kota hujan’ ini memang sangat bersahabat untuk didaki, tak heran banyak wisatawan dari berbagai usia menjajal sensasi asyiknya mendaki.

Beberapa bukit ini menjanjikan pemandangan indah nan hijau khas kota Bogor. Salah satu bukit yang bisa kalian nikmati pesonanya adalah Bukit Kapur yang berada di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor Barat. Terletak tak jauh dari pemukiman dan jalan raya membuat para wisatawan tak perlu kerepotan jika ingin mengunjunginya.

Trek menuju Puncak Batu Roti di siang hari
Trek menuju Puncak Batu Roti di siang hari

Bukit Kapur memiliki tiga puncak yang memiliki pemandangan yang sama indahnya. Bukit yang didominasi oleh tanah dan karst berketinggian tidak lebih dari 400 mdpl ini bisa jadi akan memberikan sensasi tersendiri. Trek yang lumayan curam akan mengantarkan kalian menuju keindahan alam tanah Sunda ini.

Langit berubah menjadi kemerahan, pertanda sang fajar mulai menampakan diri
Langit berubah menjadi kemerahan, pertanda sang fajar mulai menampakan diri

Kali ini kalian akan diajak untuk menjemput fajar di Puncak Batu Roti, puncak yang dikenal dengan karstnya yang membentuk seperti sebuah roti jika dilihat dari bawah kejauhan. Bisa dibilang Puncak Batu Roti adalah salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit di Bogor Barat. Ditunjang dengan puncak karst yang mengerucut, membuat kita dapat memandang ke sekelilingnya 180 derajat tanpa terhalang apapun.

Dari kejauhan terlihat pemandangan Gunung Salak berbalut cahaya fajar
Dari kejauhan terlihat pemandangan Gunung Salak berbalut cahaya fajar
puncak batu roti - gunung kapur bogor 5
Menikmati sunrise dari campground

Trekking menuju Puncak Batu Roti tidak terlalu lama, bisa ditempuh hanya dengan 45 menit sampai 1 jam dengan membayar retribusi sebesar Rp. 5000 di basecamp utama dan Rp. 5000 jika kalian ingin memarkirkan motor. Trek yang didominasi tanah dan karst ini akan licin ketika hujan, jadi diharapkan tetap berhati-hati karena kemiringan trekpun cukup menantang. Jika sobat BPJ ingin berkemah, disini terdapat campground yang bisa menampung kurang lebih 5 tenda.

foto : @gerhardlsihole
Pemandangan dari atas karst Puncak Batu Roti
Pemandangan dari atas karst Puncak Batu Roti

Hal penting jika kalian berkunjung kemari adalah jangan terlalu sering membuka makanan kalian di trek maupun di puncaknya. Karena Bukit Kapur ini dihuni banyak sekali monyet gunung yang siap mengikuti kalian yang terlihat membawa makanan. 🐒 Sekumpulan monyet yang cukup liar ini tertangkap sering mencabik tenda pengunjung yang ditinggal ke puncak untuk mencari makanan, karena mereka tipikal primata yang tidak takut terhadap manusia.

Monyetnya ngeliatin tuh! Hihihi~ 🐒 (captured by @crackerzzzz)
Monyetnya ngeliatin tuh! Hihihi~ 🐒 (captured by @crackerzzzz)

So, harap ekstra waspada ya! Tetapi tetaplah tenang jika berjumpa dengan kumpulan monyet ini, mereka tidak akan menyerang jika kita tidak terlalu aktif. Serta untuk berjaga-jaga bawalah ranting pohon untuk menghadang serangan mereka. Happy trekking!

Tags

Hilal Guswati

Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I'm a member of Backpacker Jakarta's Fantastic Four! #BPJ4

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *