Menjadi Independent Women Yang Stabil Secara Financial

Dari kecil, hidup mengajarkanku untuk menjadi seseorang yang mandiri dan pantang menyerah. Sekolahpun aku pakai beasiswa. Mau beli apapun aku harus menabung dulu. Sedih? Tentu tidak. Aku justru bersyukur karna akumulasi diriku dimasa lalu membentuk diriku menjadi seorang independent women seperti sekarang.

10 tahun membangun bisnis kecil, bisnis yang dimulai hanya menjadi seorang joki tugas kuliah tanpa bayaran, hanya project thank you yang kulakukan dengan tulus dengan niat membantu teman-temanku. Sampai pada akhirnya jerih payah pertamaku yang dihargai oleh seorang teman baik bernama Dea, ya, aku diberikan sebuah tas baru yang cukup bagus karna telah membantu penyusunan skripsinya dia dalam waktu 3 bulan.

Bisa dikatakan usahaku dimulai dari hal-hal kecil dengan bayaran kecil, tapi aku tidak pernah mengeluh berapapun penghasilan yang aku dapat. Menjadi si pembuat surat, paklaring, dokumen A, B, C, desain hingga proses joki joki lainnya. Disamping itu, aku tetap fokus pada pekerjaan utamaku.

Kalau dibilang settle, bisa jadi belum. Dibilang sukses juga masih jauh sekali dari kata itu. Tapi inilah aku, Kikyfairytale. Single mother yang di anugerahi 1 putri kecil bernama Maryam Valienta. Si Maryam yang sangat jenius.

Ya, aku seorang working mom yang penuh cinta. Cinta pada Tuhanku, cinta pada anakku, keluargaku dan juga teman-teman terdekatku. Sebagian orang bilang aku adalah orang yang sibuk dan membosankan, karna hidupku dipenuhi dengan kerja kerja dan kerja. Tak sedikit orang bergunjing “kiki kerja mulu kaya kagak”, kalimat itu terus mengalun ditelinga ku beberapa tahun ini.

Tak sedikit juga orang berpikiran negatif tentangku, ada yang bilang aku tidak mengurusi anak, sibuk dengan pekerjaan, tapi mereka tidak pernah tau aku mati-matian kerja untuk menafkahi diri sendiri, keluarga, bahkan mungkin orang lain yang suka meminta-minta padaku.

Karirku dimulai dengan bekerja disalah satu perusahaan advertising bernama Iris Wolrdwide sebagai Finance Staff (Treasury). Kejujuran adalah hal yang selalu kutanamkan dimanapun aku bekerja. Hingga akhirnya proses tersebut membawaku pada level Supervisor disalah satu perusahaan tbk di Jakarta, yaitu Grahatrans.

Orang bilang, aku cukup beruntung dalam hal karir karna selalu mudah dalam mencari pekerjaan. Tapi mereka tidak tau dibalik itu semua, seorang kiki bekerja keras dengan penuh loyalitas tanpa batas dengan tetap menjaga kepercayaan yang diberikan oleh atasan tempatku bekerja.

Pernikahan rupanya awal mula kehancuran dari karirku itu sendiri, akibat menikah dengan orang yang tidak tepat, aku kehilangan posisiku dan hampir kehilangan diriku sendiri. Tapi itu bukan alasan untuk aku berhenti berusaha. Aku tetap menjalankan dan mengerjakan apapun yang kubisa. Aku tidak gengsian, dan tidak malu menawarkan job-job dari mulut ke mulut. Sebagian orang menikmati jasa yang kutawarkan. Perlahan aku mulai membuat ratecard, tidak mahal dan tidak perlu tinggi-tinggi, yang penting client percaya dan balik lagi bekerjasama denganku.

10 tahun membuka usaha palugada, “apaa lu mau gua ada”, mengantarku pada tanggal 7 September 2023. Aku mencoba mendirikan PT atas namaku sendiri. PT Ramalia Bintang Samudra, Ramalia adalah namaku, sedangkan Bintang dan Samudra memiliki filosofi agar usahaku dapat berkembang seluas samudra dan meroket setinggi bintang dilangit.

Rupanya, Tuhan telah mempermudah semuanya. 3 hari berdiri, PT Ramalia Bintang Samudra yang kerap kusebut SMARTFAST CONSULTING mendapatkan job pertamanya, yaitu membuat legalitas PT dan juga laporan keuangan yang dikontrak selama setahun. kemudian disusul dengan job-job lainnya. Job terbesarku adalah menghandle laporan keuangan dan supporting document SRE Project, lembaga yang cukup bergengsi di bidang energi dan sumber daya alam. Walaupun sempat tertipu dengan orang yang cukup membuatku rugi, tapi bagiku itu adalah sebuah pembelajaran agar aku bisa lebih siap lagi kedepannya menjalankan usaha ini.

Smartfast Consulting bergerak di bidang Jasa Accounting Service dan Konsultan Pajak pada awalnya. Tapi dengan multitasking yang kupunya, aku juga open jika ada kebutuhan dalam proses legalitas perusahaan, skripsi, dan juga layanan umum lainnya. Aku tidak bermaksud serakah, tapi justru aku berusaha untuk membuat perputaran ekonomi, dimana aku bisa memberikan lagi job – job itu untuk orang-orang terdekatku yang membutuhkan penghasilan tambahan.

Menyenangkan sekali bukan saat hidup kita bisa berguna untuk banyak orang. Coba bayangkan berapa orang yang akan terbantu jika kita mau saling mensupport satu sama lain.

Aku selalu percaya bahwa sesuatu yang memiliki niat baik tentu akan menghasilkan yang baik juga. Perlahan Tuhan mengangkatku lebih tinggi disaat manusia berusaha merendahkanku. Aku punya pekerjaan utama tapi aku tetap bisa fokus menjalankan usahaku. Memiliki gaji tetap setiap bulan, tapi juga mengelola pemasukan lain yang kupunya menjadikan aku seseorang yang kini merasa stabil dalam segi financial.

Bagiku memberi lebih baik daripada meminta. Pantang sekali aku meminta orang seumur hidupku. Jika ada lebih aku akan memberi, tapi jika tidak ada aku akan diam dan menahan keinginan diri. Ini adalah prinsip yang selalu kutanamkan selama beberapa tahun ini.

Aku bersyukur sekali masih bisa berfikir jernih disaat dunia pernah mengobrak abrik mentalku dengan sangat kacau. Sulit memang, dan ini adalah bagian tersulit dalam hidupku, mencoba pemulihan diri dikala down dan bangkit lagi. berusaha membangun pikiran-pikiran dan energi positif dan percaya akan selalu ada yang berarti di hari-hari yang kita jalani. Semua tangisku mungkin tak pernah kalian dengar, sakitku tak pernah kalian rasakan, dan kalian mungkin tidak pernah tau bagaimana hancurnya seorang aku disaat dunia pernah berlaku tidak adil padaku.

Sekarang, aku bisa melengkungkan senyum. Aku bangga dengan pencapaianku saat ini, PT Ramalia Bintang Samudra menyelamatkan hidupku. Tidak hanya accounting service, tapi juga private trip bisa kupegang dengan nama Smartravel. Dan 1 usaha ku yang sedang on process, yaitu Semprotin! hahaha. agak random memang ketika membuat maklon parfum dengan brand yang cukup unik ini. Terimakasih untuk siapapun yang telah mensupportku.

Untuk yang pernah menjatuhkankuu, terimakasih juga karna akhirnya aku bisa membedakan mana teman dan mana teman beneran. Aku memang belum sukses seperti pengusaha besar lainnya, tapi setidaknya aku merasa sudah menjadi wanita independent yang stabil secara financial. Aku tidak memiliki hutang, aku bisa membeli apapun menggunakan jerih payahku sendiri, liburan dengan uangku sendiri, sembuh dengan uangku sendiri, tanpa perlu meminjam atau mengemis pada orang lain. Dan aku akan membuktikan pada dunia, pada orang-orang yang underestimate pada status single mother, bahwa aku bukan single mother yang suka brgantung pada orang lain, tapi aku ada Kikyfairytale. Ibu peri yang akan selalu mendedikasikan hidupnya untuk membantu orang-orang disekitarnya.

 

Hits: 34

fairytalekiky

Menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa.
Dan tulisan-tulisan inilah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di bumi ini.

Baca Artikel Lainnya