Gunung

Melihat Keindahan Gunung Wilis, Jawa Timur

Gunung Wilis adalah Gunung yang berada di dataran tinggi daerah Jawa Timur, gunung non aktif ini belum banyak terjamahi oleh para pendaki karena disana belum berada jalur resmi untuk para pendaki. Gunung yang memiliki 2169 mdpl dan mecakup 6 Kabupaten yaitu Kediri, Madiun, Nganjuk, TulungAgung, Trenggalek, Ponorogo.

Nama Gunung Wilis juga digunakan oleh Kereta Api Indonesia yaitu Argo Wilis dengan Rute Bandung sampai Surabaya Gubeng dengan memiliki waktu tempuh sekitar 12jam, Kereta Api ini juga memiliki 2 jadwal keberangkatan, Keberangkatan dri Bandung pukul 08.30 WIB dan dari Surabaya 07.00 WIB.

Foto by World Travel Server

Pendakian Gunung Wilis dari arah timur dapat dimulai melalui Kabupaten Kediri tepatnya Kecamatan Mojo. Jalan menuju ke puncak gunung Wilis sudah dibangun memadai melalui Mojo. Selain pendakian melalui Kecamatan Mojo, menuju ke puncak juga bisa melalui Kecamatan Semen. Jalan alternatif baru yang dibangun oleh pihak pemerintah Kediri sangat memadai, dengan luas jalan yang bisa dilalui oleh 2 mobil. Sementara itu dari arah selatan Gunung Wilis dapat didaki dari Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Apabila ingin mencapai Gunung Wilis dari arah utara, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Nganjuk, sementara dari arah barat, pendakian dapat dimulai dari Kabupaten Ponorogo atau Kabupaten Madiun.

Obyek wisata Gunung Wilis yang paling banyak adalah air terjun, namun belum begitu dikembangkan hingga saat ini. Beberapa tempat pariwisata yang kini mulai dikembangkan dan mulai dikenal masyarakat luas adalah Air Terjun Ironggolo, Air Terjun Dholo yang terletak di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Di kawasan lereng Gunung Wilis juga terdapat Gereja Pohsarang serta Gua Maria Pohsarang yang terletak di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

Foto by morceaucoeursousetoiles

Air Terjun Ironggolo dan Dholo yang terletak di Desa Jugo biasa dikunjungi tak hanya warga Kediri, tetapi juga warga dari kota lain untuk melepaskan penat. Terletak di dataran tertinggi yang bisa ditempuh oleh kendaraan baik dari arah Mojo maupun Semen, membuat Kawasan Wisata Desa Besuki menjadi tujuan wisata terbaik untuk menghirup udara segar pegunungan. Kedua tempat wisata ini bisa ditempuh dalam kurun waktu 30-45 menit melalui jalur darat, baik dari jalur Mojo maupun Semen.

Sumber : id.wikipedia.org
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *