Gunung

Kesunyian Nan Romantis Dan Alami Di Gunung Rakutak – Bandung

Rakutak adalah salah satu gunung yang berada di Bandung Selatan, tepatnya di daerah Sukarame. Gunung dengan ketinggian 1921 mdpl ini layak sekali di daki kawan, di samping viewnya yang menarik, jarak tempuh yang tidak terlalu lama juga gunung ini masih menawarkan kesunyian nan romantis dan alami. Tidak seperti gunung-gunung yang sudah familiar untuk di daki.

foto : jelajahgunungbandung
foto : jelajahgunungbandung

Untuk melakukan pendakian Gunung Rakutak ada 3 jalur. 2 diantaranya dari Desa Suka Rame, Kecamatan Pacet, dan jalur ketiga dari Majalaya. Sebelumnya setiap pendaki harus melakukan pendataan terlebih dahulu di sekretariat Himpala Rakutak.

foto : bluetripper.com
foto : bluetripper.com

Gunung ini memiliki 3 puncak, yaitu Puncak 1, Puncak 2 dan Puncak 3 atau Puncak Utama. Untuk trek nya sendiri di dominasi dengan perkebunan warga setelah itu memasuki hutan yang rimbun.

nendenrahmawati.wordpress
nendenrahmawati.wordpress

Oh iya, sumber air terakhir yang dapat kalian andalkan berada di ketinggian 1.150 mdpl saat jalur melintasi sebuah sungai kecil. Setelah melewati sungai, kalian akan dimanjakan pemandangan keindahan pegunungan bagian utara Bandung dari mulai Burangrang, Tangkuban Parahu, dan Bukit Tunggul.

foto : 7oshi.wordpress.com
foto : 7oshi.wordpress.com

Untuk kalian yang ingin mendirikan tenda bisa di Pos 1 yang cukup menampung 4 sampai 5 tenda. Tetapi kalian juga bisa mendirikan tenda di Puncak 2 atau Puncak 3, namun kalian harus berhati-hati karena lokasinya yang lapang dan tidak ada pohon besar untuk menahan angin dan sisi kanan serta kirinya jurang.

Danau Ciharus yang ada dikawasan Gunung Rakutak (foto : jalan pendaki)
Danau Ciharus yang ada dikawasan Gunung Rakutak (foto : jalan pendaki)

Dari Puncak Gunung Rakutak kalian akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah yang akan membuat segala kelelahan kalian terbayar lunas.

Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *