Kuliner

Menikmati Nasi Sodu, Kuliner Khas Situbondo

Sensasi Kelezatan Nasi Sodu

Nasi Sodu adalah kuliner khas Kabupaten Situbondo, Kabupaten ini berada dalam Provinisi Jawa Timur. Kabupaten ini terletak di daerah pesisir utara pulau Jawa, dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan.

Situbondo
Landmark Situbondo by situbondokab.go.id

Dengan letaknya yang strategis menjadikan Situbondo sebagai jalur transportasi darat Jawa-Bali. Selain sektor pertanian dan perikanan, sektor pariwisata juga merupakan potensi yang sangat berpengaruh bagi pendapatan warga Situbondo.

Kabupaten Situbondo juga sangat terkenal akan wisata yaitu Taman Nasional Baluran yang berada dalam kawasan Gunung Baluran.

Kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo
Kawasan Taman Nasional Baluran by Travel Promo

Menikmati Lezatnya Nasi Sodu

Tidak hanya wisata alamnya, Situbondo juga memiliki kuliner yang sangat khas untuk dinikmati pada saat berkunjung ke Situbondo yaitu Nasi Sodu.

Kelezatan Nasi Sudo
Menikmati Nasi Sudo by Realme community

Nasi Sodu menjadi kuliner khas Situbondo yang mempunyai keunikan dan keistimewaan dalam bidang kuliner, dan pada akhirnya akan menjadi destinasi wisata kuliner. Nama Nasi Sodu ini berasal dari bahasa Madura. Nasi Sodu sendiri disajikan berupa campuran nasi putih, sayur labu kuning, ikan tongkol, kuah santan, dan sambal cengi (toge).Nasi Sodu ini hanya dapat di temukan di daerah Asembagus di Desa Awar-Awar Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Warga setempat biasa menamkannya Nase Sodu, Sekilas memiliki cita rasa serupa sayur lodeh diolah menggunakan kandungan santan yang lebih kental.

Jika dilihat sepintas, memang seperti tak ada yang spesial dari penampilan kuliner yang satu ini. Nasi ada kuahnya sedikit yang disiram seperti pakai sayur, lalu lauk ikan, dan kerupuk sebagai pelengkap meriahnya makan. Yaa dari penampakan sih 11:12 sama sepeti masakan rumahan yang sering dimasak Ibu.

Penjual Nasi Sodu
Ibu Penjual Nasi Sodu by Faktual News.co

Nasi Sodu lebih cocok dipadukan dengan ikan laut tongkol ketimbang daging. Karena rasa gurih dan asin yang dihasilkan oleh ikan tongkol cocok dengan kekentalan kuah Nasi Sodu. Harga Nasi Sodu dibandrol seharga Rp.5.000 – Rp.7.000 tergantung lauk dan pauk yang dipilih oleh penikmatnya.

Tidak ada salahnya jika datang ke Situbondo, tidak lupa untuk mencicipi kelezatan Nasi Sodu…

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *