Home / Blog / City Tour & Landmark / Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Tertinggi di Dunia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Tertinggi di Dunia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) adalah sebuah perpustakaan Negara yang berada di Jakarta dan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini menyimpan berbagai koleksi buku dan berbagai hal terkait dunia pendidikan dari seluruh Indonesia.

foto : @natasyacs_96

Tak hanya itu saja, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia juga berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan, serta berkedudukan di ibukota negara.

foto: goodnewsfromindonesia.id

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia didirikan sejak 17 mei 1980 silam oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Daoed Joesoef. Ketika itu kedudukannya masih berada dalam lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan setingkat eselon II di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, dan badan ini merupakan hasil integrasi dari empat perpustakaan besar di Jakarta.

foto : @surgabukuku

 

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berlokasi di Jalan Salemba No.28 A, RT.5/RW.6, Kenari, Senen, RT.5/RW.6, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430 dan dibuka setiap hari mulai pukul 08.00–18.00. Untuk informasi lebih lanjut kalian bisa menghubuni 0800 1737787.

Rak Buku yang tersusun rapi (foto: @natasyacs_96)

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kini dinobatkan sebagai perpustakaan tertinggi di Dunia wow sebuah hal yang patut membanggakan mengingat rekor tersebut terkait dengan duni pendidikan dan cerminan negara kita. Tentunya rekor tersebut didapat setelah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia direnovasi besar-besaran. Pembangunan yang memakan waktu hingga 2 tahun 6 bulan ini akhirnya tak sia-sia, terbukti dari kemegahan gedung dan fasilitasnya.

Salah satu aula (foto: @kubbu_bpj)
Salah satu Lukisan di ruangan perpustakaan (foto: @kubbu_bpj)
Keterangan Fungsi Ruangan disetiap Lantai (foto: goodnewsfromindonesia.id)

Setelah melalui renovasi besar-besaran, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kembali diresmikan pada tanggal Kamis 14 September 2017 oleh Presiden Joko Widodo. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kini memiliki 27 lantai dengan berbagai ruangan yang beragam fungsi dan dekorasi. Bahkan diperpustakaan ini juga ada layanan yang dikhususkan untuk lansia dan penyandang disabilitas.

Refrensi : Wikipedia

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj
Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Wajib Tahu, 10 Taman Terbaik di Jakarta

Sebagai Ibu kota, Jakarta merupakan daerah yang padat penduduk lengkap dengan segala aktivitas yang membuat …