Uncategorized

Mengintip Eksotisnya Pulau Mursala

Pulau Mursala atau Mansalaar Island merupakan pulau terbesar yang dimiliki Kabupaten Tapanuli Tengah, terletak di sebelah barat daya kota Sibolga dan masuk dalam wilayah Kecamatan Tapian Nauli. Pulau ini berada di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias.  Luas Pulau Mursala sekitar 8.000 ha dan dapat ditempuh selama 1 jam menggunakan kapal cepat dari Sibolga. Pulau ini dihuni sekitar 60-an Kepala keluarga, dan dikitari belasan pulau-pulau kecil yang kebanyakan tidak berpenghuni.

Air terjun Pulau Mursala terkenal sebagai salah satu dari sedikit air terjun di dunia yang langsung terjun ke laut. Beberapa di antaranya adalah Kilt Rock Waterfall di Skotlandia, Falls Sounds Milford di Fjords Selandia Baru, dan Jeongbang di Pulau Jeju, Korea Selatan. Di sekitar Pulau Mursala juga terdapat pulau-pulau lain yang juga mempesona, di antaranya Pulau Puti, Pulau Silabu Na Godang, Pulau Kalimantung Na Menek, Pulau Jambe, dan masih banyak pulau yang lainnya.

cosmopolitan

Sumber : cosmopolitan

Untuk menyaksikan keindahan air terjun itu, Anda menyewa kapal dari Pantai Kahona Tapteng, dengan harga sewa Rp. 1.000.000  hingga Rp. 2.000.000, dalam satu kapal biasanya dapat memuat 20 penumpang. Namun itu yang biasa, ada juga yang penumpangnya lebih sedikit, bahkan ada yang memuat lebih banyak.

Para traveler akan dianjurkan berangkat pada pagi hari. Sebab perjalanan menuju lokasi mencapai 2,5 jam. Jika bernasib baik, saat di perjalanan menuju air terjun Pulau Mursala, kita akan menjumpai kawanan lumba-lumba yang tampak mendahului dan berlomba dengan speed boat yang kita tumpangi. Pasti ini pengalaman yang sangat menyenangkan, bukan?

Setelah meninggalkan kawanan lumba-lumba, tibalah kita di Pulau Mursala. Di sana, anda pasti akan berdecak kagum melihat eksotisme pulau ini.

Air terjun Pulau Mursala rasanya tawar. ada yang misterius soal asal muasal sumber air terjun ini. Sebagian warga setempat menduga, sumber airnya berasal dari Danau Toba, yang mengalir lewat bawah tanah. Konon, terkadang ditemukan jerami di aliran air terjun saat musim panen padi di kawasan danau Toba. Tapi ada juga yang menyebut, airnya berasal dari sebuah sungai yang membelah Pulau Mursala. Mana yang benar? Belum ada penelitian yang membuktikannya.

tribunnews

Sumber : tribunnews

Keunikan lain yang dimiliki air terjun pulau mursala ini adalah bahwa air terjun ini berasal dari aliran sungai terpendek didunia.  Memiliki lebar 400 meter dengan panjang hanya sekitar 700 meter. Mungkinkah ini berarti ada mata air yang begitu besar di pinggir laut?  Air terjun setinggi 35 meter ini langsung jatuh dari tebing pulau ke permukaan laut. Hasilnya, sekitar 100 meter air laut di sekitar air terjun rasanya tawar. Percampuran ini menghasilkan terumbu karang yang unik dan indah.

Oh iyaaa, tahu gak sih, kalau Pulau yang indah ini merupakan bagian dari shooting film King Kong loh..

Created by : Berli

Tags
Show More

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *