Alam & Taman

Umbul Kapilaler, Wisata Air Kekinian Di Tanah Klaten

Klaten memang terkenal dengan wisata umbulnya yang keren. Seperti Umbul Ponggok yang hits karena sensasi kolam dan barang-barang didalam air, Umbul Manten dengan air jernihnya, Umbul Nilo yang memiliki bebatuan coral didasarnya, hingga Umbul Cokro yang mirip seperti waterboom. Dan sekarang, ada lagi yang baru ngehits, sebut saja Umbul Kapilaler.

Sumber Foto : jogjaempatroda.com

Umbul Kapilaler sendiri terletak di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten. Dimana dahulu dipercaya masyarakat Klaten sebagai tempat pemandian putri yang akhirnya sampai saat ini digunakan masyarakat setempat untuk mandi. Hanya saja eksistensinya masih jarang diketahui para wisatawan.

Fyi guys, Umbul Kapilaler memiliki karakteristik yang hampir sama dengan umbul-umbul lainnya. Dimana bagian dasar umbul ini masih berupa bebatuan dan tanah. Ukurannya memang tidak terlalu besar, namun lokasinya yang berada dibawah rerimbunan pohon dikelilingi bebatuan besar menambah kesan alami kolam pemandian putri yang satu ini.

Sumber Foto : tempatwisataindonesia.com

Selain itu, Umbul Kapilaler juga memiliki suasana yang sejuk dan sangat nyaman. Sehingga pasti akan membuatmu betah berlama-lama disini. Entah hanya sekedar menikmati suasananya dari pinggir kolam, ataupun berenang di kolam yang sudah terisi air jernih tersebut.

By the way, lokasi Umbul Kapilaler sendiri sangat dekat dengan sumber mata air Si Gedang yang juga dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan air minum untuk dikemas menjadi air minum kemasan. Maka dari itu Umbuk Kapilaler memiliki air yang sangat bersih dan jernih.

Sumber Foto : liburmulu.com

So, kalau kamu sedang berada di Klaten, kamu bisa menjadikan Umbul Kapilaler sebagai wisata alternatif ketika umbul-umbul lainnya sedang ramai. Terlebih tidak ada tarif khusus untuk menikmati tempat yang unik ini. Alias gratis tiss tisss.. Hanya saja, ketika pagi dan sore hari Umbul Kapilaler digunakan masyarakat setempat untuk mandi. Jadi, kalau kamu ingin menikmati air jernihnya, kamu bisa mengunjunginya di siang hari. Selamat berkunjung :)

Referensi : www.liburmulu.com

Tags

Rizky Amalia

Perkenalkan! Aku adalah salah satu dari tetesan benih yang jatuh ke Bumi. Perlahan menjelma menjadi seorang Accounting & Tax yang tersasar dijalur sastra dan sekarang tengah asik mengexplore indahnya Indonesia lewat goresan pena. Saat ini sedang mengejar target untuk bisa mendaki seluruh gunung di Tanah Air sebelum menikah. Serta sedang bermimpi menapaki gagahnya Carstensz Pyramid, titik tertinggi Tanah Air Indonesia. Aku cinta menulis. Sebagaimana menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaaan, serta gairah jiwa. Dan tulisan-tulisan itulah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di Bumi ini sampai aku menghilang menjadi setitik debu di birunya semesta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *