Masjid

Mengenal Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman – Menteng Dalam

Akan kemana kita akhir pekan ini di Jakarta?

Untuk sobat yang belum pernah mendengar istilah ‘masjid Perahu’ ada baiknya mengunjungi tempat wisata yang terletak di Casablanca, Jakarta Selatan tersebut. Ya, wisata sejarah berbentuk masjid ini unik karena berbentuk perahu. Cocok untuk sobat yang sudah lelah dengan segala jenis wisata modern baik ke pusat hiburan ataupun mal mewah Jakarta.

Masjid Perahu bernama lengkap Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman dan berlokasi di Jl Casablanca No 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan.

Foto : Sistem Informasi Masjid Seluruh Indonesia

Masjid Perahu memiliki tempat wudhu di sebelah bagian masjidnya yang berupa perahu besar. Warnanya putih dan benar-benar mirip perahu, seperti mempunyai bagian dek. Perahu besar ini jugalah yang menjadi daya tarik utama sekaligus ciri khas masjidnya.

Konon, pembuatan tempat wudhu ini terinspirasi oleh kisah Nabi Nuh saat membuat perahu besar dan menyelamatkan umatnya dari bencana banjir yang dahsyat. Pendirinya sendiri adalah KH Abdurrahman Maksum yang membangun Masjid Perahu di tahun 1963.

Foto : islamic-center.or.id

Karena memakai perahu besar sebagai ciri khas tersebutlah, Masjid Perahu banyak dikenal dan didatangi wisatawan untuk sekedar berfoto-foto dan melaksanakan ibadah sholat di dalamnya. Dari segi tata masjid pun, masjid ini berbeda dengan masjid-masjid lainnya. Pada dua tiang jatinya terukir ukiran ayat-ayat Al Quran. Di tiang tersebut tertulis Ayat Kursi dan Surat An Nur.

Tak hanya pada bagian tiang, pada dindingnya pun terukir ayat-ayat Al Quran. Pula terdapat perpustakaan dimana terdapat Al Quran raksasa dengan cover dari kayu jati di masjid Perahu tersebut. Al Quran raksasanya dikelilingi oleh bebatuan giok yang dibingkai kaca.

Selain sekedar sejarah wisata, mengingat sebentar lagi bulan puasa tiba, masjid Perahu ini bisa menjadi tempat kunjungan baik untuk beribadah atau saat ingin menikmati gelaran buka puasa nanti. Apalagi lingkungan Masjid Perahu cukup kondusif dan banyak disinggahi warga sekitar.

Bagaimana sobat? Tertarik mengunjunginya?

Referensi : http://soulofjakarta.com; Maudy Putri
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *