MasjidSeni & Budaya

Kemegahan Masjid Muhammad Cheng Hoo Pasuruan

Satu lagi masjid bernuansa bangunan China yang ada di Jawa Timur yakni Masjid Muhammad Cheng Hoo Pasuruan.

Sesuai namanya Masji ini terletak di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya mudah dijumpai dan dituju karena berada di tepi jalan raya utama pada pertigaan arah menuju Pasuruan, Malang dan Surabaya atau sekitar 300 meter dari terminal Pandaan.

Baca Juga :

Masjid Muhammad Cheng Hoo Pasuruan
Masjid Muhammad Cheng Hoo Pasuruan

Letaknya cukup strategis yaitu di samping jalan, jadi mudah untuk di jangkau. Masjid ini dibangun sejak tahun 2003 dan baru di resmikan tahun 2008 oleh Bupati Pandaan.

Masjid Muhammad Cheng Hoo

Nama Muhammad Cheng Hoo merupakan nama dari Laksamana asal Tiongkok yang pernah melakukan ekspedisi sejarah di Indonesia yang juga menyebarkan agama islam ke penduduk setempat di indonesia.

Kini Masjid Muhammad Cheng Hoo tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja namun juga sebagai salah satu pusat pembelajaraan agama islam bagi mereka yang ingin mengenal islam lebih jauh.

Masjid Muhammad Cheng Hoo 3

Arsitektur masjid ini sangat unik. Sangat dominan ciri budaya Cina yang menyerupai bangunan klenteng. Masjid ini terlihat mencolok dengan warna merah, kuning dan hijau.

Bentuk dan ornamen atas masjid merupakan perpaduan budaya Cina dan Jawa.Nuansa Islami sangat kental dengan kaligrafi berlafaz Allah dan kalimat tauhid yang tertulis di dinding masjid. Masjid Cheng Hoo ini juga ada di kota Surabaya, tepatnya di Jl.Gading, Ketabang Genteng.

Editor : Aemilia Dessy S

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *