Home / Editor Picks / Mengenal Gunung Artapela Bandung

Mengenal Gunung Artapela Bandung

foto by : @galihyl
foto by : @galihyl

Sedikit masih asing memang ditelinga para pendaki tentang keberadaan gunung yang satu ini. Artapela sendiri adalah sebuah Gunung yang ada didaerah Kertasri, berbatasan dengan kecamatan Pangalengan Bandung Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 2194 lebih mdpl, gunung Artapela kini menjadi salah satu gunung baru populer dan mulai banyak didaki oleh para pendaki Indonesia.

Pesona Kabut digunung Artapela
Pesona Kabut digunung Artapela

Meski tidak terlalu tinggi namun pemandangan disekitar gunung ini cukup indah loh. Tak hanya sunset atau sunrise yang bisa kita saksikan digunung ini namun juga awan rumput ilalang yang menghijau dan pemandangan sisi lain gunung yang sangat indah.

foto by : sidikhady_id
foto by : sidikhady_id

Untuk bisa datang kesini ada beberapa alternatif jalur, namun yang sudah pos pendakiannya bisa melalui jalur  Pacet Sukapura Kertasari Bandung, dengan Retribusi Jasa Lingkungan Rp. 5.000,-/orang parkir motor Rp. 5.000,- permotor/malam dan roda 4 parkirnya Rp.15.000,- permobil/malam.

Tracking menuju Puncak Artapela
Tracking menuju Puncak Artapela

Posnya Sendiri berada di Kampung Argasari RT . 001 RW. 014 Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Melalui jalur ini ada 2 jalur yang bisa di lalui, melalui Jalur Seven Field (kebun 7) dan melaui Datar Jamuju. bedanya melalui jalur Seven Field ini lumayan menanjak, sedangkan melalui datar Jamuju relatif lebih landai.

foto by : sultancahya27
foto by : sultancahya27

Buat kalian yang ingin kegunung ini atau kepos pendakian Artapela, berikut ini jalur yang bisa ditempuh :

 1. Kendaraan Pribadi

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui jalan dari kota Bandung via Buah Batu atau Dayeuh Kolot atau Majalaya, yang paling penting tujuannya adalah Ciparay dulu, terus kalau udah nemu Ciparay silahkan anda melanjutkan perjalanan ke arah Pacet Sukapura jaraknya 17 km dari Ciparay. Setelah sampai di Desa Sukapura, ada pertigaan menuju kampung Argasari disanalah posh pendakian artapela berada.

foto by : hasbyifkar
foto by : hasbyifkar

 2. Kendaraan Umum
Untuk yang menggunakan kendaraan umum, bisa melalui angkot (Tegalega Ciparay (Rp. 5.000,-) Elf Kebon Kalapa-Ciparay (5.000)  ;Ciparay – Pacet Sukapura (Rp. 8.000,-); Sukapura-Argasari (Ojeg Rp. 3.000) atau jalan juga deket.

Salah satu pemandangan Artapela
Backpacker Jakarta dipuncak Artapela

puncak artapela

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj
Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Mau Liburan ke Sumatera Utara, Jangan Lupa kunjungi 10 tempat keren ini

Sumatera Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia dan beribukota di Medan. …