Editor PicksPantai

Melihat Penangkaran Penyu di Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan ini identik dengan penyu karena memang di lokasi ini banyak terdapat penyu yang dikonservasi dan ditangkarkan oleh pihak Pemerintahan Daerah setempat. Kalau di Jawa Timur ada Sukamade yang terkenal sebagai daerah penangkaran Penyu, di Jawa Barat ada kawasan Pantai Pangumbahan ini yang menjadi sentra penangkaran Penyu sehingga tak heran jika disebut dengan Pantai Penyu.

penyu pantai pangumbahan

pelepasan penyu ke laut

Bagi Anda yang ingin secara langsung menyaksikan bagaimana seekor Penyu betina bertelur, maka sebaiknya mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk menghadapi malam di tepian pantai karena memang Penyu-penyu itu bertelur di malam hari.

pantai pangumbahan

Pantai Pangumbahan yang indah

Biasanya terjadi di sekitar Bulan Agustus sampai Bulan Maret, dimana banyak dari induk-induk penyu yang bertelur di kawasan pantai ini Pusat Penangkaran Penyu yang telah dikelola oleh Pemerintah Daerah setempat, telah menyediakan sejumlah 6 (enam) pos pengamatan yang disiapkan bagi para pengunjung.

penangkaran penyu pantai pangumbahan

gerbang masuk pantai pangumbahan dengan icon penyu raksasa

Masing-masing pos akan menampung sejumlah kumpulan pengunjung, tentu dibatasi jumlahnya agar tidak terlalu padat dan ramai sehingga mengganggu proses bertelurnya Penyu. Proses pengamatan Penyu bertelur ini bisa memakan waktu hingga 2-3 jam khususnya jika kita mau bersabar hingga menyaksikan si Ibu kembali lagi ke laut lepas. AKSES LOKASI Pantai Pangumbahan jaraknya tak begitu jauh dari Pantai Ujung Genteng, yakni sekitar 5 km saja.

pantai pangumbahan 2

Jalan menuju Pantai Pangumbahan

Berada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat –Indonesia Untuk menuju Pantai pangumbahan dari Jakarta dapat di tempuh dalam waktu 5-6 jam perjalan roda dua maupun roda empat, dengan menelusuri jalur yang cukup ekstrim setibanya anda di daerah Ujung Genteng menuju Pangumbahan.

gerbang masuk pantai pangumbahan

welcome di pantai pangumbahan

Bagi Anda yang tertarik dengan kegiatan susur pantai dengan aktifitas jalan kaki, maka bisa memulainya dari Ujung Genteng yang kemudian dilanjutkan menyisir Pantai Akuarium, Pantai Cibuaya, dan sampai di Pantai Pangumbahan yang menjadi pusat penangkaran Penyu.

penyu pangumbahan

Anak penyu yang akan dilepaskan

Di sekitar kawasan ini memang terdapat pepohonan atau tetumbuhan yang daunnya rindang sehingga sangat layak untuk dijadikan sebagai tempat bertelurnya Penyu. HTM Cukup membayar uang sebesar Rp.20.000/org pengunjung sudah dapat masuk kelokasi Penangkaran Penyu dan menyaksikan puluhan ekor penyu yang terdapat di ruang penangkaran maupun melihat telur penyu yang ada di ruang pameran. (abs)

Tags

BerlianSelig

Jangan biarkan dunia merubahmu tapi berusahalah dunia yg mengubah kita

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *