Editor Picks

10 Destinasi Wisata Paling Terkenal di Sulawesi

Pulau Sulawesi terletak di dekat Pulau Kalimantan dan Maluku, merupakan pulau ke-4 terbesar di Indonesia, ada 6 propinsi di Pulau Sulawesi ; Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo. Jika Anda menyukai wisata alam, maka pulau ini sangat cocok untuk Anda kunjungi, ingin tahu wisata alam apa saja yang terkenal  di Sulawesi? Berikut ada 10 destinasi wisata pilihan yang wajib Anda datangi bila jalan-jalan ke Sulawesi!

Foto : www.turduniablogspot.com
  1. Taman Laut Bunaken
    Jika ke Menado tanpa ke Taman Laut Bunaken, rasanya kurang lengkap. Bunaken luasnya mempunyai luas 8,08 km². Keindahan ekosistem lautnya telah menghipnotis para pecinta diving dan snorkeling dari seluruh dunia untuk menyaksikan sendiri surga di bawah permukaan laut bunaken. Terdapat 29 titik untuk menyelam di taman laut bunaken, dan dari ke 29 titik tersebut 12 diantaranya yang paling sering dikunjungi. Bunaken memiliki beragam biota laut yang luar biasa seperti 70 karang yang berbeda, lima spesies penyu, serta banyak spesies ikan dan para duyung yang nyaris punah bahkan hiu putih dan karang hitam, serta barracuda dan bahkan buaya air asin!

    Foto : www.2p.blogspot
  2. Tana Toraja
    Tana Toraja terkenal dengan budayanya yang unik, ritual dan kuburan kunonya. Salah satu tradisi menarik yang selalu menyedot wisatawan asing adalah tradisi pemakaman toraja. Pemakaman toraja sangat khas, dan hanya dilakukan oleh kalangan bangsawan. Tradisi pemakaman toraja berlangsung selama berhari-hari, dan salah satu ritual di dalamnya adalah pembantaian kerbau. Karena keunikan budayannya inilah maka Tana Toraja menjadi salah satu tempat wisata di sulawesi yang terkenal hingga ke seluruh dunia.

    Foto : www.pengendolan.com
  3. Taman Nasional Windu
    Terletak di Palu, Taman Nasional Windu akan memberikan Anda pengalaman tersendiri, dimulai dengan menaiki gunung di jalan yang tergolong ekstrim. Anda dapat mengalami menjadi yang pertama dalam menemukan sebuah hutan yang belum dijelajahi yang kaya dengan flora dan fauna. Anda mungkin menemukan kupu-kupu, burung enggang, monyet, ular dan juga banyak bunga dan tanaman liar.

    Foto : www.tourduniablogspot.com
  4. Wakatobi
    Wakatobi terletak di Sulawesi Tenggara dan terdiri dari beberapa pulau yang menakjubkan. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa taman nasional wakatobi merupakan salah satu surga bawah laut paling indah di muka bumi. Salah satu jurnalis selam berpendapat Wakatobi adalah tempat menyelam paling indah di dunia. Sebuah ekspedisi dari Inggris pada tahun 2005 menemukan bahwa 750 dari 850 spesies koral dunia terdapat di Wakatobi. Bisa anda bayangkan bagaimana kekayaan laut daerah ini.

    Foto : Google
  5. Kepulauan Togean
    Kepulauan Togean ibarat untaian permata indah di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Keistimewaan sekaligus daya tarik adalah bawah lautnya. Terumbu karang yang masih sangat subur sehingga menjadi rumah idaman ratusan spesies ikan. Umumnya masih alami. Karenanya tidak heran menjadi incaran pencinta wisata bahari. Sebutlah wisata menyelam, snorkling, mancing, atau sekedar santai menikmati pantai pasir putih yang masih alami. Ternyata para peneliti pun tertarik datang di Kepulauan Togean. Terlebih ada beberapa jenis karang baru yang justru di temukan di sini. Yang menarik dari ratusan spesies ikan, terdapat jenis Pracheilinus togeanensis dan Ecsenius sp yang hanya di temukan di Kepulauan Togean. Berarti Kepulauan Togean menjadi surganya para peneliti kekayaan bawah laut.

    Foto : www.tourdunia.blogspot.
  6. Taman Nasional Bantimurung
    Taman Nasional Bantimurung terletak di Kabupaten Maros atau 45 km dari pusat Kota Makassar ini sangat terkenal sebagai kerajaan kupu-kupu karena terdapat sekitar 250 spesies kupu-kupu ada di sini, tak heran kupu-kupu dijadikan maskot di taman ini. Dengan luas taman sebesar 43.750 ha ini juga menyediakan keindahan alam berupa bukit kapur, air terjun dan gua.

    Foto : azwisata.com
  7. Pantai Tanjung Bira
    Tanjung bira terletak di daerah Sulawesi Selatan. Lokasi khususnya adalah Kabupaten Bulukumba yang jaraknya sangat jauh, sekitar 200 km dari pusat ibukota Makassar. Sehingga tanjung bira bisa dikatakan terletak di ujung selatan daratan Sulawesi Selatan. Pantai Tanjung bira juga menawarkan matahari terbit dan terbenam yang langsung dilihat dan tenggelam menuju ke lautan lepas. Karena laut di tanjung bira merupakan laut lepas. Keindahan ini tidak akan didapatkan di tempat lain, terutama di bagian lain di Indonesia.

    Foto : piknikasik.com

    Ciri khas yang utama lainnya Tanjung Bira memiliki pasir pantai yang sangat halus, bahkan sangat kecil sehingga terasa seperti tepung. Banyak laut dan pantai yang tentu saja tidak memiliki ciri khas seperti ini.

  8. Taman Laut Takabonerate
    Berada di Kepulauan Selayar, Taman Laut Takabonerate merupakan surga bagi penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut. Pengunjung dapat menikmati panorama kecantikan bawah laut dan turut berenang bersama ikan, penyu dan menyaksikan keindahan terumbu karang.

    Foto : www.azwisata.com
  9. Benteng Sumba Opu
    Benteng Somba Opu adalah salah satu wisata sejarah di Sulawesi Selatan. Benteng ini merupakan komplek wisata di bawah naungan dinas pariwisata Pemda Kabupaten Gowa.
    Kini Benteng Sumba Opu menjadi objek bersejarah yang didalamnya terdapat beberapa bangunan adat Sulawesi Selatan mewakili Sugu Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. Selain itu terdapat sebuah meriam dengan panjang 9 m dan berat 9.500 kg serta sebuah museum yang berisi peninggalan bersejarah Kerajaan Gowa.

    Foto : azwisata.com
  10. Bukit Kasih Kanonang
    Bukit kasih berada di Kecamatan Kawangkoan kab. Minahasa. Bukit Kasih Kanonang merupakan tempat wisata yang melambangkan kerukunan antar umat bergama di Provinsi Sulawesi Utara. Disini akan ada semua tempat ibadah umat bergama. Jika dari Manado, dibutuhkan sekitar 90 menit untuk mencapai tempat ini.

Author : Maria Ulfah @backpackerjakarta_32

Ref : 1. www.azwisata.com
2. masdonieblogspot.
3. www.pengendolan.com

Tags

Maria Ulfah

I am an ordinary person, try my best with perseverance and persistence to make me extraordinary one.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close