City Tour & Landmark

Mengenal Kota Tulungagung

menara-garuda-tulungagung
Menara Garuda Alun2 Kota (foto:ketikanhidupku.blogspo)

Kabupaten Tulungagung adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan Kabupaten Tulungagung berada di Kecamatan Tulungagung atau kota Tulungagung. Tulungagung terkenal sebagai satu dari beberapa daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, dan terletak terletak 154 km barat daya Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Masjid Agung Tulungagung (foto:Mapio.net)
Masjid Agung Tulungagung (foto:Mapio.net)

Kabupaten Tulungagung terbagi dalam 19 kecamatan, 257 desa, dan 14 kelurahan. Batas-batas wilayah Kabupaten Tulungagung secara administratif adalah sebagai berikut:

Sebelah utara: Kabupaten Kediri
Sebelah Selatan: Samudera Hindia
Sebelah Timur: Kabupaten Blitar
Sebelah Barat: Kabupaten Trenggalek

Secara topografi, Tulungagung terletak pada ketinggian 85 m di atas permukaan laut (dpl). Bagian barat laut Kabupaten Tulungagung merupakan daerah pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Wilis-Liman. Bagian tengah adalah dataran rendah, sedangkan bagian selatan adalah pegunungan yang merupakan rangkaian dari Pegunungan Kidul.

Pintu Gerbang Kota (foto:FORMASTA - WordPress)
Pintu Gerbang Kota (foto:FORMASTA – WordPress)

Di sebelah barat laut Tulungagung, tepatnya di Kecamatan Sendang, terdapat Gunung Wilis sebagai titik tertinggi di Kabupaten Tulungagung yang memiliki ketinggian 2552 m. Di tengah Kota Tulungagung, terdapat Kali Ngrowo yang merupakan anak Kali Brantas dan seolah membagi Kota Tulungagung menjadi dua bagian: utara dan selatan. Kali ini sering disebut dengan Kali Parit Raya dari rangkaian Kali Parit Agung.

Taman Alon Alon Kota (foto:uraian indonesia)
Taman Alon Alon Kota (foto:uraian indonesia)

Tulungagung terkenal sebagai salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia, yang bersumber di bagian selatan Tulungagung. Tulungagung juga termasuk salah satu pusat industri marmer di Indonesia, dan terpusat di selatan Tulungagung, terutama di Kecamatan Campurdarat, yang di dalamnya banyak terdapat perajin marmer,sayangnya saat ini marmer kualitas terbaik sudah habis. Aset marmer dari Tulungagung telah menembus pasar internasional. Di daerah yang sama, juga terdapat industri onyx yang mempunyai kualitas mirip marmer.

Taman Hutan Kota (foto :Panoramio)
Taman Hutan Kota (foto :Panoramio)

Selain industri marmer, di Tulungagung juga tumbuh dan berkembang berbagai industri kecil dan menengah antara lain memproduksi alat-alat/perkakas rumah tangga, batik, dan konfeksi termasuk bordir. Beberapa batik yang terkenal di Tulungagung diantaranya Batik Tulungagung (sangat minim), Batik Satriomanah, dan sebagainya. Di Kecamatan Ngunut terdapat industri peralatan Tentara seperti tas ransel, sabuk, seragam,tenda dan makanan ringan seperti kacang atom.

Waterpark Jamboland (foto:mahadew12)
Waterpark Jamboland (foto:mahadew12)

Di Kecamatan Ngunut juga terdapat industri batu bata dan genteng yang berkualitas. Di kelurahan sembung juga di kenal sebagai pusat industri krupuk rambak. Sedangkan di bagian pegunungan utara, yakni Kecamatan Sendang terdapat perusahaan air susu sapi perah dan teh. Industri perikanan, dan gula merah juga Tulungagung juga tidak kalah, ini telah dikenal secara nasional. salah satunya Pabrik Gula Modjopanggung di Kecamatan Kauman.

Pemandangan Bendungan Wonorejo (foto:annisafitrinuzulia97)
Pemandangan Bendungan Wonorejo (foto:annisafitrinuzulia97)

Tulungagung diuntungkan dengan letak geografis yang berada di tepi Samudera Hindia, sehingga memiliki banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi selain Pantai Popoh, di antaranya Pantai Sidem, Pantai Brumbun, Pantai Sine, Pantai Molang, Pantai Klatak, Pantai Gerangan, Pantai Sanggar, Pantai Ngalur , Pantai Coro , Pantai Lumbung dan Pantai Dlodo, Pantai Pathok Gebang, Pantai Kedung Tumpang.

Pantai Kedung Tumpang (foto: .griyawisata.)
Pantai Kedung Tumpang (foto: .griyawisata.)

Selain objek wisata pantai, Tulungagung juga memiliki objek wisata alam lain, di antaranya Air Terjun Lawean di Kecamatan Sendang, Coban Alam di Kecamatan Campurdarat, Gua Selomangleng di Kecamatan Boyolangu, serta Gua Pasir di Kecamatan Sumbergempol. Di utara Tulungagung, objek wisata alam yang terkenal adalah Pesanggarahan Argo Wilis, Perkebunan Teh Penampean, serta Bendungan Wonorejo.

Bendungan Wonorejo (foto: sumartisaelan)
Bendungan Wonorejo (foto: sumartisaelan)

Selain itu Tulungagung juga mempunyai Beberapa Bangunan Candi yang tersebar di beberapa tempat, yaitu Candi Dadi yang terletak di Puncak bukit di Desa Sanggrahan kecamatan Boyolangu, Candi Cungkup (Candi Sanggrahan) yang terletak di Desa Sanggrahan Kecamatan Boyolangu, Candi Gayatri (Boyolangu) yang terletak di kecamatan Boyolangu, candi Mirigambar terletak di Kecamatan sumbergempol, Candi Bodho terletak di Kecamatan Kalidawir, Candi Penampihan berada di Lereng Gunung wilis kecamatan Sendang.

Air Terjun Lawean (foto: pergiberwisata)
Air Terjun Lawean (foto: pergiberwisata)

Di selatan Tulungagung tepatnya di Kecamatan Campurdarat sebuah Telaga yang bernama Telaga Buret, telaga ini tak pernah kering walaupun letaknya di Perbukitan kapur selatan yang terkenal kering dan panas saat musim kemarau datang. Arca Joko Budhek, adalah sebentuk batu yang ukurannya besar yang bentuknya seperti seorang pria yang bertapa,arca ini berada di puncakbukit, dan bisa dilihat dari jalan raya karena ukurannya yang besar.

Pantai Popoh (foto: wisata-jember.com)
Pantai Popoh (foto: wisata-jember.com)

Berikut ini Daftar wisata yang ada di Tulungagung :

1. Pantai Popoh
2. Pantai Sidem
3. Pantai Dlodho
4. Pantai Sine
5. Pantai Sanggar
6. Pantai Molang
7. Pantai Coro
8. Pantai Pahtuk Kebang
9. Pantai Brumbun
10. Air terjun Lawean
11. Air terjun Pandanwangi
12. Goa Pasir
13. Goa Selomangleng
14. Tlaga Buret

Sementara itu Kuliner khas Kota Tulungagung adalah

1. Sompel khas Tulungagung
Yaitu makanan khas berupa lontong dan lodeh yang di campur menjadi makanan yang memiliki cita rasa yang menggugah selera.
2. Jenang abang, jenang putih, jenang grendul

Jajanan khas Kota Tulungagung yang berasal dari bahan baku beras yang memilki berbagai macam varian bentuk dan rasa.

Kali pertama Backpacker Jakarta akan mengunjungi kota ini dan eksplore wisata ternama yang ada disana. Jangan lupa gengs Januari 2017 mendatang kita akan berkunjung kesana.

Sumber : Wikipedia

Tags
Show More

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *