PantaiPulau

Menelusuri Terbentuknya “Lava Flow”, Banda Neira. Surganya Para Penyelam Yang Mendunia

Hai travellers! Masih seputar Banda Neira nih. Rasanya saya tak ingin berhenti menuliskan semua keindahan Banda Neira. Yah, kepulauan yang menjadi jalur perdagangan rempah saat masa VOC menjajah ini memang menjadi surga bagi para pecinta bahari, terlebih para penyelam. Karena memiliki aneka terumbu karang yang melimpah.

Sumber Foto : Google

So, kalau kamu pecinta wisata bahari, kamu wajib banget mengunjungi spot yang satu ini. Dan rasakan sensasi menyelam di Lava Flow yang merupakan spot penyelaman terbaik di Maluku. Yakin deh, kamu pasti gak bakal mau naik ke daratan saking terpesona dengan kekayaan lautnya.

Sumber Foto : Google

By the way, Lava Flow berarti Aliran Lava. Tercipta setelah gunung berapi meletus pada tahun 1988. Nama Lava Flow ini diberi setelah letusan dasar perairan tempat penyelaman ini ditutup dengan lava. Saat meletus aliran Lava yang keluar dari gunung berapi ini hanya mengalir di sisi utara gunung berapi sehingga bekas letusan dari gunung berapi ini hanya bisa ditemukan disisi utara gunung berapi, sedangkan sisi lainnya subur dan ditumbuhi oleh beberapa vegetasi. Waaaah, ajaib ya!

Nah, setelah letusan gunung berapi yang terjadi di Banda Neira, dengan segera karang mulai tumbuh pada lahar dingin, namun hal yang mengagumkan adalah sejak saat itu Lava Flow telah ditutupi oleh karang dengan tutupan karang keras hampir 100% hingga kedalaman 27 meter. Proses penutupan karang yang baru terjadi sejak tahun 1988 hingga saat ini tergolong sangat cepat, yang akhirnya menunjukkan dengan baik bagaimana sukses terumbu karang dapat terjadi.

Sumber Foto : Google

Itulah mengapa Lava Flow yang terletak di utara Gunung Api kepulauan Banda Neira menjadi salah satu tempat menyelam yang luar biasa dan unik di Banda Neira. Terumbu karang yang hidup ditengah-tengah lava dinginlah yang membuat titik penyelaman disini berbeda dari titik-titik penyelaman lainnya.

Sumber Foto : Google
Sumber Foto : Google

By the way,  Lava Flow ini bisa dikunjungi dengan meyewa sebuah perahu tempel atau perahu ketinting (perahu dengan mesin yang ditempelkan) dari Pulau Neira selama 30 menit. Dan kini menjadi ikon dari lokasi penyelaman di Banda Neira yang sudah terkenal di dunia seiring banyaknya para penyelam Internasional yang lalu lalang dan merasakan kenikmatan serta pesonanya.

Sumber Foto : Google
Referensi : https://taufik12u.wordpress.com/2015/02/12/lava-flow-banda-neira-destinasi-wajib-penyelaman
Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *