Alam & TamanGunungPantaiPulau

Menapaki Gunung Api dan Panorama Banda Neira

Kepulauan Banda Dilihat Dari Atas Gunung Api

Hai, selamat datang kembali ditulisanku. Sudah baca artikel Banda Neira ? Disitu ada beberapa hal yang sudah ku ulas sedikit mengenai Gunung Api Banda. Yah, seperti yang telah kita ketahui guys, daerah yang satu ini memang memiliki kekayaan yang berlimpah ruah. Mulai dari sumber daya alamnya, hingga wisata nya. Salah satu yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Banda yaitu mengunjungi Gunung Api Banda. Ingin tau lebih lengkapnya mengenai Gunung Api Banda ? Yuk, scroll ke bawah!

Sumber Foto : Setan Timur

Gunung Api Banda adalah sebuah gunung berapi, sekaligus sebuah pulau yang terletak di Laut Banda. Pulau Gunung Api Banda terletak di Laut Banda dan secara administratif masuk ke dalam Kecamatan Banda, Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Gunung Api Banda memiliki ketinggian sekira 656 meter di atas permukaan laut dengan luas 734,46 ha. Tahun 1988 gunung ini sempat meletus dan telah merusak sebagian terumbu karang dan biota di Pulau Banda Besar.

Akan tetapi, menurut penelitian UNESCO, justru akibat letusan Gunung Api Banda tersebut ternyata menjadikan pertumbuhan terumbu karang di tempat ini paling cepat didunia. Pertumbuhan terumbu karang di Pulau Banda Besar hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 tahun sedangkan di tempat lain, pertumbuhannya bisa mencapai puluhan tahun.

Sumber Foto : Wikipedia

By the way, Pulau Gunung Api Banda selain memiliki panorama yang indah juga dihuni beberapa satwa jenis burung yang beranekaragam. Seperti burung endemik, kuskus, dan beberapa flora termasuk pohon pala, anggrek, dan flora lainnya yang menjadikan pulau ini menjadi semakin mempesona. Belum lagi ketika kamu menginjakkan kaki dipuncak gunung api, kamu akan disuguhkan pemandangan pantai dan laut yang sangat memanjakan mata dan pikiran.

Sumber Foto : http://static.panoramio.com

Fyi, hal yang paling istimewa di Pulau Gunung Api adalah gunung ini menjadi rumah dari 23 jenis burung endemik di Kepulauan Banda. Kepulauan ini adalah salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki tingkat keendemik-kan satwa paling tinggi dari segi keberadaan ragam jenis burung.

Sumber Foto : seatrekbali.com

Oleh karena itu, atas potensi hayati alam bawah laut dan juga daratan di Kepulauan Banda maka tahun 1992 pemerintah setempat menetapkan Pulau Gunung Api Banda sebagai kawasan taman wisata alam. Keputusan tersebut tecantum dalam Surat Keputusan Menteri Kehutanan nomor 1135/Kpts-II/1992.

Jadi, kalau kamu ke Banda, jangan lupa mampir kesini ya! Sampai jumpa.

Referensi : Wikipedia
Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *