Alam & TamanDanau & Sungai

Memacu Adrenalin Melawan Derasnya Sungai Asahan

Arung jeram atau yang biasa disebut rafting mungkin bagi sebagian orang tidak termasuk kedalam daftar tujuan wisata. Selain memang arung jeram merupakan salah satu bagian dari olahraga air, arung jeram juga masih dianggap sebagai kegiatan ekstrem karena dapat memicu adrenalin sehingga memerlukan kekuatan fisik serta mental yang benar benar siap tempur.

Sungai Asahan
Foto by https://ugm.ac.id/

Yah, mungkin sebagian dari kita sudah mengenal apa itu rafting. Rafting merupakan bagian dari olahraga air yang mengandalkan aliran sungai sebagai media pengarungannya. Nah, kali ini yang akan dibahas adalah sungai Asahan yang merupakan lokasi Arung Jeram terbaik ke-3 di Dunia loh.

Arus di sungai ini super kenceng dan debit airnya bisa mencapai 120 meter per kubik per detik, ditambah lagi Sungai Asahan punya kedalaman yang cukup dalam buat sebuah sungai, yaitu 5 meter, dan tingkat kesulitan 4-5 (dalam skala 1-6) serta trek panjang mencapai 22km. Itulah kenapa sungai ini sangat layak disebut sebagai salah satu spot arung jeram kelas dunia dan sangat cocok buat mereka yang sudah berpengalaman atau profesional.

foto by gogonesia.

Di sungai Asahan beberapa kali diselenggarakan even rafting internasional. Tahun 2000, 2001, dan 2003 Pemerintah Kabupaten Asahan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, menyelenggarakan “Festival Kejuaraan Arung Jeram Internasional” mempertandingkan Kayak dan Perahu Karet.

Sungai Asahan berada di Desa Tangga, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan. Untuk dapat mencapai lokasi kamu dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tags

BerlianSelig

Jangan biarkan dunia merubahmu tapi berusahalah dunia yg mengubah kita

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *