Home / Blog / Gunung / Gunung Merbabu yang selalu membuat Rindu

Gunung Merbabu yang selalu membuat Rindu

emye 3

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung yang secara geografis terletak pada 7,5° LS dan 110,4° BT dan secara administratif berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

gunu merbabu

Puncak gunung Merbabu sendiri berada pada ketinggian 3.142 meter di atas permukaan air laut. Gunung Merbabu sangat populer sebagai ajang kegiatan pendakian mengingat pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan juga menyegarkan mata. Gunung Merbabu termasuk salah stau gunung yang memiliki sabana yang sangat indah yang ada di Indonesia. Tak heran jika kita mendaki gunung ini maka sepanjang jalan akan melihat hamparan luas sabana yang hijau berpadu dengan awan putih akan terlihat begitu indah.

gunu merbabu 5

Pendakian ke gunung Merbabupun tidak terlalu berat. Ada beberapa alternatif track pendakian yang bisa dipilih oleh para pendaki sesuai kemampuanya. Jika kamu termasuk pendaki pemula atau pendaki yang ingin menikmati perjalananya secara santai maka alternatif pilihan terbaik adalah melalui jalur Selo Boyolali Jawa tengah. Perlu diingat bahwa ada banyak potensi bahaya yang harus diperhatikan pendaki juga banyak seperti misalnya udara yang sangat dingin dimusim-musim tertentu serta keterbatasan air yanga da di gunung ini menjadi kesulitan tersendiri.

merbabu 2

Ada 4 jalur umum yang biasa dipilih oleh para pendaki seperti jalur :
1. Kopeng Thekelan
2. Jalur Wekas
3. Jalur Kopeng Cunthel
4. Selo

Beberapa tips yang perlu kamu perhatikan jika akan melakukan pendakian kegunung merbabu via jalur selo.

1. Bawa perebekalan secukupnya, jangan terlalu banyak membawa perbekalan yang tidak perlu mengingat pendakian cukup lama dan menguras tenaga.
2. Bawa air yang cukup, estimasi pendakian lebih dari 5 jam untuk sampai sabana 2 dan disana tidak ada sumber air sama sekali.
3. Bawa jas hujan dan jaket tebal mengingat sering turun kabut atau gerimis dan cuaca yang sangat dingin kibat kabut.
4. Dari Pos 3 kesabana 1 mapun dari sabana 1 ke sabana 2 akan menemui Tanjakan Ekstreem. Untuk itu perlu lebih waspada saat pendakian.

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj
Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Gunung Prau 2565 Mdpl Via Patak Banteng

Musim hujan telah tiba, banyak yang bilang termasuk orang tua hujan-hujan begini dilarang naik gunung. Tapi …