Museum & SejarahSeni & Budaya

Melihat Kebudayaan Tana Toraja, Kete Kesu Tempatnya

Tana Toraja memang sudah terkenal akan budayanya yang sangat kental. Tak hanya soal budaya, Tana Toraja juga sangat mencuri perhatian pada bentuk rumah adatnya. Yap Rumah ada Toraja yang sangat berbeda daripada biasanya menjadikanya sebagai salah satu warisan dunia yang wajib dilestarikan. Banyak sekali sebgram yang berfoto dengan latar Rumah adat khas Toraja.

foto : @makassartripplanner

Kawasan rumah adat Kete Kesu ini adalah rumah adat Tana Toraja yang biasa disebut Rumah Tongkonan. Bentuk arsitekturnya yang unik dan khas dan berjejer rapi saling berhadapan menjadikan Kete Kesu sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib sekali dikunjungi bila ketana Toraja.

foto : @achmadi_anggi

Desa Kete Kesu sendiri merupakan kawasan cagar budaya di Sulawsi mengingat banyak benda fisik peninggalan dari masa lalu berada disini. Tak hanya beda bersejarah, banyak peninggalan adat istiadat, kebudayaan dan nilai-nilai kehidupan sosial khas warga toraja ada di Kete Kesu. Bahan acara sepiritual seperti pemakaman, pernikahan masih dilakukan secara tradisional oleh warga setempat.

foto : @achmadi_anggi
foto : @achmadi_anggi

Biaya masuk Kete Kesu sendiri masih sangat murah yakni Rp 10.000/ orang. Disalah satu rumah Kete Kesu kita bisa melihat sebuah museum yang berisi koleksi benda adat kuno Toraja. Misalnya senjata tradisional, keramik, kain dari Tiongkok, ukiran, patung, dan termasuk bendera merah putih yang konon kabarnya merupakan salah sau bendera Indonesia yang pertama kali dikibarkan di Toraja.

foto : @explore.sulsel
kuburan adat di kete kesu foto : @achmadi_anggi
Lemo merupakan kuburan yang dibentuk di dinding bukit dan awalnya khusus diperuntukan bagi bangsawan suku Toraja. (@achmadi_anggi)

Kamu pasti pernah mendengar atau menyaksikan acara pemakaman dan kuburan-kuburan kuno di Televisi. Yap, acara tersebut biasanya dilakukan dikawasan Kete Kesu . Kuburan adat yang ada di Kete Kesu juga menjadi salah satu kuburan paling unik di Indonesia. Keunikanya bisa dilihat dari bentuk peti-peti mati yang tersimpan rapi didala goa-goa dinding tebing. Bentuk peti sangat beragam seperti berbentuk kapal-kapalan, ukiran hewan dan tumbuhan dan lain-lain.

foto : @toraja_lands
foto: @rahminur45

Memang masyarakat Kete Kesu sendiri masih memegang teguh kebudayaan mereka baik dari kelahiran, pernikahan hingga pemakaman. Tak heran bila bentuk pemakamnya sudah sangat terkenal diseluhur Indonesia hingga kemancanegara.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *