Pantai

Melihat Batu Terbesar di Bangka, Pantai Batu Dinding tempatnya

Pantai Batu Dinding adalah sebuah pantai berbatu yang terletak di daerah Belinyu Kabupaten Bangka Pulau bangka Provinsi Bangka Belitung.  Pantai Batu Dinding terkenal dengan pemandangan pantai dan bebatuan granit yang ukuranya sangat besar mirip sebuah dinding dan tepat berada dipinggir pantai dikaki sebuah bukit.

foto ig @emyebpj

Itulah sebebanya mengapa pantai ini dinamakan Pantai Batu Dinding, ya memang karena Batu granit besar yang berdiri tegak di atas batu lainnya mirip dengan sebuah diding batu yang kokoh. Batu yang berdiri kokoh ini memang sangat besar diperkirakan ukuranya sekitar 23 X 17 meter dengan ketebalan sekitar 6 meter.

foto ig @emyebpj

Pantai Batu Dinding dikelola oleh seseorang yang suianya cukup tua. Bapak inilah yang setiap hari menjaga dan membersihkan pantai ini. Biasanya wisatawan yang datang ke Pantai Batu Dinding akan memberikan sumbangan seiklasnya sebagai retribusi masuk. Meski terbilang pantai pribadi atau resort karena di tempat ini ada sebuah bangunan yang biasa disewakan untuk menginap namun pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan.

foto : parah1ta.com
foto : bayoepejuangsejati.blogspot.com

Pantai Batu Dinding sangat dijaga bersih oleh pengelolanya, tak heran bila banyak sekali larangan saat kita berada dipantai ini seperti misalnya dilarang merokok, dilarang memtik tanaman hias dan buah-buahan disekitar pantai bahkan disini dilarang pacaran heee. Bahkan saat masuk maupun akan pulang, semua pengunjung akan diberi nasehat oleh penjaga pantai ini, ya bisa dibilang semacam petuah.

foto ig @emyebpj

Pada saat saya ikut Trip BPJ kepantai Batu Dinding ini, memang terkesan seperti bukan sebuah pantai umum. Lokasinya berada dipemukiman atau kompleks dan jalanya kecil terlihat seperti sebuah taman dirumah belakang nenek. Apalagi banyak pohon rindang, tanaman hias dan tanaman-tanaman lainya terawat baik disekitar pantai batu dinding.

foto ig @emyebpj
foto : indonesia-tourism.com

Pada saat masuk ke Pantai Batu Dinding pun kita seperti masuk sebuah perkarangan rumah dan parkiranya sedikit sempit. Tapi hal itu tak mengurangi kekaguman saya pada keindahan dan pesona pantainya yang sangat unik. Selai batu dinding yang cuku besar ada juga batu yang dibilang menyerupai ikan pari tepat disebelah batu dinding. Dari kejauhanpun kita juga bisa melihat batu ditengah lautan yang mirip dengan kodok.

foto ig @emyebpj

Tak jauh dari Pantai Batu Dinding ada sebuah kawasan penambagan. Nah tak heran bila saat di Pantai Batu Dinding kita akan melihat banyak kapal hilir mudik membawa hasil tambang. Untuk air di Pantai Batu Dinding memang tidak sebiru pantai pada umumnya jadi kalian tak perlu berenang dipantai ini cukup menikmati keindahan bebatuan besar dan sunset yang sangat cantik dari Pantai Batu Dinding.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close