Seni & Budaya

Melihat Dan Mengenali Kebudayaan Dan Kesenian Bali di Art Centre

Tak hanya wisata alamnya yang indah, bali juga memiliki banyak sekali kebudayaan dan kesenian. Tempat yang satu ini harus kamu datangi saat berada di bali. Taman Budaya ini bernama Art Centre, sudah tak asing lagi bukan dengan tempat satu ini. Art Centre atau lebih di kenal dengan nama Taman Werdhi Budaya ini terletak di Jl.Nusa Indah, Denpasar. Taman budaya ini merupakan salah satu tempat terluas dan komplek untuk pergelaran budaya bali. Setiap setahun sekali di tempat ini selalu di adakan Pesta Kesenian Bali atau di kenal dengan PKB.

rentalmobilbali.net

Taman budaya ini memiliki luas kurang lebih 14 hektar. Untuk lokasi taman budaya art centre ini juga di bagi menjadi 4 komplek yaitu komplek suci meliputi pura taman beji, bale selonding dan bale pepaosan. Komplek tenang meliputi perpustakaan widya kusuma. Komplek setengah ramai meliputi gedung pameran mahudara, gedung kriya, studio patung, wisma seni dan wantilan. Komplek terakhir yaitu komplek ramai yang meliputi panggung terbuka ardha candra dan panggung tertutup kirarnawa.

balistarisland.com

Setiap pertengahan bulan juni-juli tiap tahunnya, di art centre selalu di gelar Pesta Kesenian Bali (PKB). Berbagai produk kesenian dan pertunjukan budaya di tampilkan di sini. Acara PKB ini bertepatan dengan musim liburan sekolah, sehingga tak heran jika selalu ramai di kunjungi tiap tahunnya. Pergelaran seperti seni wayang, seni tari, kreasi baru, bondres, joged dan geguntangan bisa kita nikmati saat malam.

infoartcentre.blogspot.com

Pesta kesenian bali ini diikuti oleh  seluruh kabupaten di bali. Masing masing kabupaten memiliki parade kesenian yang berbeda beda baik jenis gambelan ataupun pakaian adat.

www.balitoursclub.com

Orang yang paling berjasa merintis art centre ini adalah bapak Gubernur ke 6 bali yaitu Ida Bagus Mantra. Melalui tempat ini bapak Ida Bagus berharap agar kebudayaan dan kesenian bali tetap terjaga pengembangan dan pelestariannya serta tidak terkikis oleh masuknya budaya asing. Untuk kalian yang ingin berkunjung ke taman budaya satu ini, kalian bisa menempuh perjalanan sekitar 15 kilometer atau 30 menit dari bandara ngurah rai menggunakan kendaraan pribadi. Tiket masuk ke art centre hanya 10 ribu per orangnya.

mobile.fourlook.com

Sumber : www.rentalmobilbali.net www.balitoursclub.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *