Seni & Budaya

Sejarah Pura Besakih

Pura Besakih disebut juga dengan Pura Agung Besakih, lokasi pura ini terletak di desa Besakih, kecamatan Rendang, kabupaten Karang Asem, Bali. Pura ini merupakan tempat persembahyangan umat hindu di bali. Pura besakih terdiri dari 1 pusat pura yang di beri nama Pura Penataran Agung Besakih dan terdapat 18 pura pendamping yang berada di sekeliling pura penataran agung besakih. 18 pura pendamping ini meliputi 1 buah pura Besukian dan 17 pura lainnya.

S8hotel.com

Pura penataran agung merupakan pura terbesar yang ada di bali, pura ini memiliki banyak tempat untuk persembahyangan. Saking besarnya pura ini sering di sebut sebagai ibu dari pura pura lainnya. Tak hanya di kenal di bali, pura besakih juga di kenal sampai ke mancanegara.

pegipegi.com

Pura besakih di bangun oleh seorang tokoh agama hindu dari india yang sudah lama menetap di tanah jawa, tokoh ini bernama Rsi Markandeya. Menurut cerita, dulu sebelum terdapat selat bali, pulau jawa dan bali menjadi satu dan belum terpisahkan oleh lautan. Karena panjangnya pulai ini kemudian disebut dengan pulau Dawa yang artinya pulau panjang. Awal mula di kisahkan Rsi Markandeya melakukan pertapaan di gunung dieng dan mendapat wahyu untuk merambas hutan di pulau dawa dari selatan ke utara.

explorer-bali.com

Di tempat perambasan hutan, Rsi menanam kendi yang berisi logam dan air suci. logam logam tersebut antara lain logam emas, perak, tembaga, besi dan perunggu. Kelima logam ini di bali di namakan Panca Datu, selain logam tersebut juga turut di tanam permata yang di sebut Mirahadi yang berarti ”merah utama”. Tempat penanaman kendi inilah yang disebut dengan Basuki yang berarti ”selamat”. Dinamakan basuki karena dalam perambasan hutan para pengikut Rsi Markandeya selamat saat melaksanakan tugasnya. Seiring berjalanya waktu, nama Basuki berubah menjadi Besuki.

id.wikipedia.org

Di pura penataran agung terdapat 3 arca sebagai simbol dari Trimurti yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Syiwa. Keberadaan pura besakih tak hanya sebagai tempat persembahyangan, tapi juga memiliki keterkaitan dengan gunung agung, yakni sebuah gunung tertinggi di bali. Gunung ini di percaya sebagai pusat pemerintahan alam arwah, alam para dewata yang menjadi utusan Tuhan untuk wilayah pulau bali dan sekitarnya. Sehingga sangat tepat jika di lereng gunung ini di buat bangunan untuk kesucian umat manusia, yaitu Pura Besakih.

holiday-land.blogspot.com

Nah, buat kalian yang ingin berkunjung ke pura ini biaya masuknya juga murah kok. Cukup 15 ribu perorang kamu sudah bisa melihat keindahan pura ini.

Sumber ; Wikipedia Indonesia

 

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *