Seni & BudayaSeputar Travelling

Melihat Adat Sunda di Kampung Ciptagelar Sukabumi

Salah satu perkampungan yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Barat adalah Kampung Ciptagelar. Kasepuhan Ciptagelar atau Kampung Ciptagelar memiliki jumlah warga sekitar sebanyak 338 jiwa terhimpun dalam 76 KK.

foto : @fikrinauval

Kampung Ciptagelar yang terletak tak jauh dari Pelabuhan Ratu tepatnya di kaki Gunung Halimun ini merupakan salah satu perkampungan adat yang paling lengkap dan menjadi salah satu pusat kehidupan masyrakat sunda mulai dari rumah adatnya hingga keseharianya.

foto : @pujaasih_25

Kampung Ciptagelar ini juga merupakan bagian dari Kasepuhan Banten Kidul. Sama halnya dengan suku Baduy di Banten. Bahakan di Kampung Ciptagelar sering diadakan acara-acara kebudayaan yang beragam dan menjadi salah satu event yang ditunggu-tunggu oleh para wisatawan.

foto : @andiniisn
foto : @edwinshr

Salah satu event yang sering diadakan di Kampung Ciptagelar dan yang paling terkenal adalah  Seren Taun. Acara ini biasanya digelar sekitar awal bulan September karena dibulan ini merupakan bulan panen para petani atau warga Kampung Ciptagelar. Acara Seren Taun menjadi salah satu bentuk ucapan rasa syukur kepada tuhan atas keberhasilan panen dari padi yang telah ditanam. Ada banyak musik dan tari tradisional juga makanan khas masyarakat sunda.

foto : @ilovesukabumi
foto : @ilovesukabumi

Biasanya diacara Seren Taun akan ada banyak wisatawan yang datang dari berbagai penjuru Jawa barat dan luar kota yang datang untuk menyaksikan langsung kemeriahan acara setahun sekali ini. Kita akan menyaksikan bagaimana masyarakat di Kampung Ciptagelar ini hidup sehari-hari dari pertanian dan juga bersosialiasi.

foto : @ilovesukabumi
foto : @ilovesukabumi

Kampung Ciptagelar berada di wilayah Kampung Sukamulya Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Jarak Kampung Ciptagelar dari Desa Sirnaresmi sekitar 14 Km. Sementara jika dari kota kota Sukabumi bisa ditempuh dengan jarak sekitar 103 Km. Akses menuju Kampung Ciptagelar juga sudah cukup baik. Fasilitas yang ada diperkampungan ini juga terbilang cukup lengkap jadi kalian tak perlu khawatir.

foto: @fikrinauval

Jalur Menuju Kampung Ciptagelar

Ada beberapa pilihan jalur menuju Kampung Ciptagelar, diantaranya Dari kota Sukabumi menuju Pelabuhanratu. Setibanya di Pelabuhan ratu arahakna menuju Cisolok dan berhenti di Desa Cileungsing. Dari Desa Cileungsing kita tinggal menuju Desa Sirnarasa dan berhenti di Kampung Pangguyangan. Nah kendaraan yang kalian gunakan hanya akan sampai Di Kampung Pangguyangan saja jadi dari kampung ini kalian tinggal berjalan kaki atau naik ojek.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *