Seni & Budaya

Pesona Bedugul “Pura Ulun Danu Beratan”

Objek wisata Bedugul bali merupakan salah satu objek wisata di bali yang terletak di perbukitan dengan cuaca yang dingin dan sangat sejuk. Kawasan wisata bedugul terletak di desa Candi Kuning, perbatasan Tabanan dan kabupaten Buleleng. Dari kute menuju lokasi ini menempuh waktu kurang lebih 2 jam atau sekitar 70 kilometer mengikuti Jl.Raya Denpasar menuju arah singaraja dengan kondisi jalan yang menanjak.

morishige.wordpress.com

Kawasan bedugul terdapat beberapa objek wisata yang terkenal dan banyak di kunjungi oleh wisatawan. Salah satu objek wisata yang terkenal di sini dan akan di bahas untuk yang pertama adalah objek wisata Pura Ulun Danu Beratan.

pegipegi.com

Pura Ulun Danu Beratan merupakan sebuah tempat suci umat hindu yang terletak di ujung danau beratan dan berada di kawasan wisata bedugul, desa candi kuning, tabanan bali. Jarak tempuh ke lokasi ini sekitar 56 kilometer dari kota Denpasar melewati jalan raya Denpasar-Singaraja. Karena letaknya di pinggir danau, saat air pasang pura akan terlihat seperti mengapung di atas air. Di halaman teras pura ini terdapat peninggalan benda benda bersejarah seperti sebuah sarkofagus batu dan papan batu yang di perkirakan telah ada sejak jaman megalitikum atau sekitar 500 tahun sebelum masehi.

indonesiakaya.com

Berdasarkan deskripsi dari babad mengwi di ketahui bahwa pura ini di bangun pada tahun saka 1556 oleh I Gusti Agung Putu atau di kenal dengan I Gusti Agung Sakti. Komplek pura ulun danu ini terdiri dari 5 pura dan 1 buah stupa Budha.

1.Pura Penataran Agung

Pura ini berfungsi untuk memuja kebesaran Tuhan dalam manifestasi_Nya sebagai Tri Purusha yaitu Siwa, Sada Siwa dan Parama Siwa untuk memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia dan keseimbangan alam semesta.

2.Pura Dalem Purwa

Di pura ini terdapat 3 pelingsih utama yaitu Pelingsih Dalem Purwa sebagai tempat memuja Dewi Surga dan Dewa Rudra sebagai sumber kemakmuran. Bale Murda Manik (Bale Pemamuran) sebagai tempat untuk rapat/diskusi dan Bale Panjang sebagai tempat untuk meletakkan sarana persembahan upacara.

3.Pura Taman Beji

Pura ini berfungsi sebagai tempat untuk melakukan upacara Ngebejiang (ritual penyucian sarana upacara), tempat untuk memohon Tirta (air suci) dan tempat Melasti (upacara pembersihan dan penyucian).

4.Pura Lingga Petak

Disebut juga Pura Ulun Danu Beratan, di pura ini terdapat sebuah sumur suci dan keramat yang menyimpan tirta ulun danu (air suci ulun danu). Pura ini di percaya sebagai sumber utama air kesuburan dari danau beratan. Di pura ini terdapat dua pelinggih yaitu pelinggih Meru Tumpang Salas menghadap ke arah selatan dan pelinggih Meru Tumpang Telu yang masing-masing pintunya menghadap ke empat penjuru mata angin.

5.Pura Prajapati

Pura ini terletak di bawah pohon beringin besar yang berfungsi sebagai tempat berstananya Dewi Durga.

6.Stupa Budha

Stupa ini melambangkan keselarasan dalam kehidupan beragama. Stupa ini menghadap arah selatan dan berlokasi di luar dari area utama komplek pura ulun danu.

balidirections.com

Untuk menuju ke lokasi Pura Ulun Danu Beratan sekitar 45 kilometer dari pusat kota Tabanan, atau sekitar 55 kilometer dari kota Denpasar dan 70 kilometer dari kute atau sekitar 2 jam perjalanan. Tempat wisata ini di buka mulai pukul 08.00-18.00 WITA. Sedangkan untuk harga tiket masuk berbeda bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Untuk pengunjung domestik dewasa tiket masuk sebesar 10ribu/orang dan anak anak 7500/orang. Sedangkan untuk pengunjung mancanegara harga tiket masuk sebesar 30ribu/orang untuk dewasa dan 15ribu/orang untuk anak anak. Tarif parkir juga di bedakan,untuk roda dua sebesar 2ribu, roda empat sebesar 5ribu dan untuk bus 10ribu rupiah.

pinterest.com

Sumber : www.id.baliglory.com

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *