Bandar UdaraCity Tour & Landmark

Megahnya Bandara Supadio Pontianak, Bandara Tersibuk ke 3 di Kalimantan

Bandar Udara Internasional Supadio adalah salah satu bandara Internasional yang ada di kota Pontianak Kalimantan Barat. Bandara kebanggaan warga Kalbar ini merupakan salah satu bandara besar, modern dan canggih di Indoneaia mengingat aktifitas dibandara ini sudah terintegrasi dengan sistem seperti chekcin sendiri, print cekin dan Pada saat pemeriksaan Tiket.

Bandara Supadio sebelumnya bernama Bandar Udara Sei Durian atau Bandar Udara Sungai Durian dan lokasinya berada di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Indonesia. Jika dari pusat Kota Pontianak jaraknya sekitar 17 km atau bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja dengan kendaraan bermotor. Jangan khawatir soal kendaraan guys karena sudah banyak transportasi umum disini.

Bandar Udara Internasional Supadio luasnya mencapai 528 ha dan dikelola oleh PT. Angkasa Pura II. Saat saya pertama kali mendarat di Bandara ini rasa kagum akan interior, fasilitas yang modern hingga fasilitas yang lengkap sudah dirasakan. Bandara ini cukup besa dan menurut saya bisa juga dibilang salah satu bandara terbesar dan termodern kedua di Kalimantan setelah bandara Sepinggan Balikpapan.

Menurut Sejarah yang ada disalah satu foto yang terpampang disudut Area bandara, Bandar Supadio dibangun pada awal tahun 1940-an sebagai Bandar Udara Sungai Durian. Kemudian Pada tahun 1980-an, bandar udara ini dinamai kembali sebagai Bandar Udara Supadio. Bandara Supadio melayani Rute Internasional pertamanya Sejak tahun 1989 dengan rute internasional Bandar Udara Supadio menuju Bandar Udara Internasional Kuching Malaysia.

Setelah pemugaran atau renovasi besar-besaran dan kembali diresmikan oleh Presiden Jokowi, bandara Supadio terlihat semakin megah dan semakin lengkap. Apalagi bangunanya juga sudah sangat modern dan cukup luas Sehingga bisa menampung ribuan penunpang yang datang dari dan ke Pontianak.

Bandara Supadio tercatat sebagai bandara Tersibuk nomor 13 di Indonesia dan Nomor 3 di Kalimantan setelah bandara Sepinggan Balikpapan Kaltim, Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Padatnya aktifitas penerbangan yang melintasi berbagai rute dari dan ke Supadio membuat pemerintah memperlebas dan memperpanjang Lintasan dan Juga area bandara.

Beberapa rute dengan tujuan daerah di Kalimantan Barat juga cukup banyak seperti rute menuju Kabupaten Kapuas Hulu Atau Putusibau, Kabupaten Sintang dan beberapa kabupaten lainya. Tercatat ada banyak Maskapai besar yang juga terdaftar dengan rute Bandara Supadio seperti Garuda, Air Asia, Sriwijaya, Nam, Lion, Wings, Batik, Citilink hingga Express Air yang melayani rute Bandung dan Yogjakarta.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *