City Tour & LandmarkWisata Jakarta

Inilah Patung Pahlawan Indonesia

Patung Pahlawan atau lebih populer dikenal dengan sebutan Tugu Tani adalah sebuah patung yang terletak dikawasan Bundaran Antara Menteng, Gambir dan juga Senen. Patung ini sendiri menjadi salah satu icon yang berada tepat ditengah-tengah jalan dan dihiasi dengan tanaman hias disekitarnya membuat patung ini terlihat cantik.

tugu tani

tugu tani 3

Patung Pahlawan ini terbuat dari perunggu dengan figur satu orang pria bercaping dan seorang wanita yang terletak di dekat Stasiun Gambir Jakarta. Patung ini dibuat oleh dua pematung Rusia kenamaan, Matvey Manizer dan Ossip Manizer, sebagai hadiah dari pemerintah Uni Soviet atas persahabatannya dengan Indonesia. Makna dari gedung tersebut berbeda-beda dari segi simbol maupun historis.

patung pahlawan

bunga ditugu tani

Secara kenampakan, tugu tani berwarna hitam pekat dengan bahan terbuat dari perunggu dengan figur seorang wanita, bersanggul dan mengenakan kebaya, memberikan perbekalan makan kepada figur seorang pria yang berdiri tegak dengan mengenakan caping, topi yang biasa digunakan golongan petani di Indonesia dengan senjata berlaras panjang lengkap dengan belati.

patung pahlawan 2

tugu tani 2

Patung ini mencitrakan sebuah keluarga yang pergi berjuang untuk kebebasan. Di alas patung tersebut tertulis “Hanya Bangsa yang Dapat Menghargai Pahlawan-pahlawannya yang Dapat Menjadi Bangsa Besar”. Jadi buta kamu yang selama ini hanya melewati saja patung ini coba sesekali berhenti dan lihat dari deka.

tugu pahlawan

sumber : wikipedia

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *