Alam & TamanCity Tour & LandmarkMuseum & SejarahPantai

Maumere, Tanah Pariwisata di Ujung Timur Nusa Tenggara

Maumere adalah nama yang cukup populer sebagai kawasan yang mayoritas penduduknya adalah pemeluk Agama Nasrani. Letaknya ada di Pulau Flores dan menjadi ibu kota Kabupaten Sikka di Nusa Tenggara Timur. Bagi sebagian orang, Maumere adalah tempat untuk melakukan wisata rohani. Namun selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan dan keanggunan adat-istiadat Maumere.

Untuk sampai di Maumere kamu bisa menggunakan pesawat dari Denpasar, Bali dengan waktu tempuh mencapai 2 jam. Sedangkan dari Kupang hanya membutuhkan waktu selama 1 jam saja.

Selama di Maumere, pastikan kamu menjamah beberapa tempat keren berikut ini ya!

1. Bukit Tanjung Kajaluwu

Tempat ini juga sering disebut dengan Bukit Salib. Sebutan tersebut diberikan karena terdapat patung salib berukuran besar dipuncak bukit. Karena keindahan Kajaluwu, masyarakat setempat juga menjuluki kawasan tersebut sebagai Taman Eden.

Foto by IndonesiaKaya

Untuk sampai di Bukit Tanjung, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dari pusat Kota Maumere dengan waktu tempuh mencapai 2 jam. Akses jalan menuju ke sana cukup memadai kamu bisa melaju dengan lancar.

Foto by IndonesiaKaya

2. Bukit Nilo

Bukit Nilo juga nggak kalah keren, setelah sampai di puncaknya kamu akan disuguhi dengan keindahan alam sejauh mata memandang. Banyak yang datang ke sini bukan hanya untuk menyaksikan pemandangan dari atas ketinggian, tapi juga untuk datang ke tempat di mana ada Patung Maria yang dipercaya oleh masyarakat Nasrani sebagai Bunda Segala Bangsa. Patung Bunda Maria di Nilo ini menjadi kebanggaan Maumere, menghadap ke arah kota dan Laut Flores.

Foto by IndonesiaKaya

Lokasi wisata ini berada di Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita. Tidak ada angkutan umum untuk menuju ke Bukit, jadi kamu harus mengandalkan kendaraan pribadi atau  sewa di pusat Kota Maumere. Jaraknya sebenarnya cukup dekat, namun karena medan yang sulit dan terjal waktu tempuh menuju ke sana dari Maumere bisa sampai 1 jam lebih.

Foto by travelingyuk.com

3. Museum Bikon Blewut

Setiap tempat di muka bumi ini tidak lepas dari sejarah, semuanya memiliki jejak masa lalu yang saat ini hanya bisa dikenang dan dijadikan pelajaran. Begitu juga dengan Kabupaten Sikka Maumere, di sini kamu bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi museum.

Foto by travelingyuk.com

Museum Bikon Blewut  dibangun pada tahun 1949 dan terletak di daerah Ledalero, Kab. Sikka, dekat dengan lokasi Patung Bunda Maria di Bukit Nilo. Salah satu koleksinya yang mengagumkan adalah fosil-fosil makhluk hidup yang berasal dari ratusan ribu tahun yang lalu.

4. Pantai Paga

Pantai Paga adalah salah satu sudut terindah di Maumere, tepatnya berada di Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya mudah ditemukan karena ada di dekat jalur yang menghubungkan Maumere dan Ende.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Pantai Paga selain berenang, misalnya saja berburu kuliner atau membawa pulang ikan-ikan kering yang dijual oleh nelayan setempat. Atau kalau kamu ingin menginap, disana juga terdapat CAPA Resort Maumere. So, kalian bisa beristirahat disana.

Itulah beberapa tempat keren yang bisa kamu datangi selama berada di Flores. Semoga informasi di atas bisa membantumu memburu keindahan di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara.

Ref by travelingyuk.com
Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *