Editor PicksTips Travelling

Mau ke Labuan Bajo via Darat ? Ini Rutenya

Sebenarnya ada banyak cara menuju pelabuhan Labuan Bajo Flores. Tinggal bagaimana pilihan kalian mau via udara atau Darat atau laut. Berikut ini beberapa alternatif yang bisa kalian pilih langsung biar sampai ke Labuan Bajo via Darat & Laut.

Pulau Padar Flores

TITIK POINT UTAMA SURABAYA

1. Surabaya – Lombok Via Darat

Kamu bisa melalui jalur darat dengan kereta Api. Pilih stasiun Gubeng tujuan – Stasiun Banyuwangi Baru dengan tarif sekitar Rp 100.000an. Dari stasiun Banyuwangi tinggal jalan kaki ke pelabuhan Ketapang Banyuwangi sekitar 5 menitan. Nah sampai di pelabuhan Ketapang naik bus tujuan Bali yakni terminal Ubung.

Harga tiket bus dari Pelabuhan Ketapang ke Terminal Ubung adalah sekitar Rp 35.000 – Rp 60.000. Lama perjalananya sekitar tiga jam perjalanan termasuk penyeberangan Selat Bali via kapal feri. Tenang saja di pelabuhan Ketapang banyak bus yang melayani rute terminal Ubung.

Pelabuhan Ketapang (foto : banyuwangi bagus)

Sampi diterminal Ubung kalian harus naik bus lagi menuju pelabuhan Padang Bai Bali. Biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 45.000 – Rp 60.000 dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 4 jaman. Ets dari pelabuhan Padang Bai Bali kita harus nyebrang ke pelabuhan Lembar Lombok.

pelabuhan Padang Bai Bali (foto: giliislandfastboats.com)

Lama penyeberangan ke Pelabuhan Lembar Lombok dari Padangbai Bali adalah 4-5 jam. Tarif yang dikenakan sekitar Rp 45.000 – Rp 50.000. Sudah sampai di lembar artinya sudah sampe Lombok dan kalian tinggal cari jalan menuju ke Pelabuhan Khayangan Lombok Timu salah satunya mellaui terminal Mandalika kota Mataram.

Rincian Biaya
==========
Stasiun Surabaya Gubeng – Stasiun Banyuwangi Baru Rp 100.000
Pelabuhan Ketapang – Terminal Ubung Rp 60.000
Terminal Ubung – Pelabuhan Padang Bai Rp 60.000
Pelabuhan Padang Bai – Pelabuhan Lembar Rp 60.000
Pelabuhan Lembar – Terminal Mandalika Rp 30.000

Total estimasi Rp 310.000

2. Pelabuhan Perak Surabaya – Pelabuhan Lembar Lombok Via Laut

Dari Surabaya kini sudah ada kapal laut yang langsung melayani Rute Surbaya – Lombok. Kapal KMP Legundi adalah kapal yang akan melayani rute ini Berangkat dari dermaga Jamrud Utara 310, Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, dan akan merapat di Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tapi sayangnya KMP Legundi hanya melayani seminggu dua kali tujuan Surabaya-Lombok. Penyebrangan hanya ada pada Selasa dan Sabtu (cek lagi) dari Pelabuhan Perak Surabaya dan Hari Senin dan Kamis dari pelabuhan Lombok (cek lagi).

Pelabuhan Lembar (foto : TripTrus)

Perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 21 Jam melintasi lautan. So butuh banyak antimo heee biar nyenyak bobo dikapal. Tarif baru KMP Legundi yakni buat dewasa : Rp 87.000, Anak-anak : Rp 62.000, sepeda motor : Rp 225.000, Mobil pribadi : Rp 1.525.000, dan mobil pick up : Rp 1.392.000 (Silahkan diupdate).

Rincian Biaya
===========
Pelabuhan Perak – Pelabuhan lembar : 80.000
Pelabuhan Lembar – Terminal Mandalika Rp 30.000

Total Biaya Rp 110.000

 

TITIK POINT UTAMA LOMBOK

Titik point utama di Lombok maka kita harus menuju Pelabuhan Khayangan yang ada di Lombok Timur. Naik pesawat apapun yang murah Rute Bandara Sukarno Hatta Jakarta – ke Bandara internasional Lombok. Dari Bandara Lombok kamu harus menuju terminal MANDALIKA.

Bisa kesana melalui Bus Damri yang beroperasi dibandara Lombok dan buat kalian yang kemalaman bisa numpang nginep di Pool damri aja dulu lebih aman. Biasanya ke pool damri yang ada dikota Mataram dikenakan Rp 30.000 sekali jalan. Selain pool damri di Mataram lebih aman juga fasilitas umum seperti mushala, toilet dll juga tersedia.

Terminal Mandalika (foto:Suara NTB)

Nah dari pool damri ini tingal jalan kaki 5-10 menitan ke terminal Mandalika. Waktu tempuh yang dibutuhin dari Terminal Mandalika ke Pelabuhan Khayangan Lombok sekitar +- 2-3 jaman. Bus mulai berangkat sekitar jam 8-9 pagi jadi perhatiin waktunya.

1. Start Pertama (Pelabuhan Khayangan Lombok – Pelabuhan Pototano Sumbawa)

Jarak dari Pelabuhan Khayangan Lombok Timur ke Pelabuhan Pototano Pulau Sumbawa sekitar 60 menitan alias 1 jaman dengan kapal laut. Biaya yang dikenakan per penumpang skitaran 75-90 ribuan.

Pelabuhan Khayangan (foto : Radar Lombok)

2. Pelabuhan Pototano Sumbawa – Kota Bima (terminal)

Selanjutnya perjalanan dari Pelabuhan Pototano kalian harus naik bus ke Kota Bima yang ada di Sumbawa. Dari pelabuhan cukup jauh ke kota Bima dan jarang sekali ada jadi pandai-pandai mencari bus kosong, harus berani nawar ke pihak Bus. Dari Pelabuhan Pototano ke Kota Bima (Terimnal Bima) ongkosnya sekitar 150-200san tergantung tawaran kalian. Waktu yang dibutuhin sekitar 5 jam perjalanan darat melewati jalur-jalur perkampungan dan tanjakan2.

Pelabuhan Pototano Sumbawa (foto : YouTube)

Kalo kalian dari pelabuhan Pototano jam 12san siang artinya bakalan sampe di Bima jam 17.00 sore artinya kalian harus menginap di Kota Bima semalam karena kapal bakalan jalan jam 8 pagian. Nah tiba di Terminal Bima kalian cari aja penginapan deket sana. Biaya penginapan di Bima murah ko sekitar 100-150an permalam dan usahain jangan jauh-jauh dari terminal karna pagi2 bus kepelabuhan Sape biasanya jalan jam 5 pagi.

3. Terminal Bima – Pelabuhan Sape

Rute yang kita tuju berikutnya adalah Pelabuhan Sape. Pelabuhan Sape ini yang bakalan bawa kita ke Labuan Bajo.  Bis dari Terminal Bima ke Pelabuhan Sape biasanya mulai jalan jam 5:00 pagi jadi kalian jangan sampai terlambat di terminal. Tarifnya Bus dari Terminal Bima ke Pelabuhan Sape sebesar Rp30.000 per orang dengan Waktu tempuh sekitar 3 jam.

Pelabuhan Sape (foto: flickr)

Jauh kan heee iya memang jauh dan melelahkan tapi pemandangan diperjalananya cukup bagus ko. Pelabuhan Sape itu lokasinya ada di ujung barat sumbawa jadi kaya ujung ke ujung sih makanya lumayan jauh. Nah kalo kita jam 5 pagi dah jalan dari terminal Bima maka skitaran jam 8 pagi sudah sampai di pelabuhan Sape.

4. Pelabuhan Sape – Pelabuhan Bajo

Yeaaaa akhirnya udah mau sampe ya. Yap usahakan kalian jangans ampai telat dipelabuhan Sape. Kenapa, karena kapal yang melayani Rute Sape ke pelabuhan Bajo itu cuma sekali tok sehari. Kalo kalian ketinggalan wasalam nunggu seharain lagi.

Welcome di Pelabuhan Bajo (foto: YouTube)

Biasanya Kapal bakalan berangkat sekitar jam 09-10 pagi dan biayanya sekitaran 60-80 rebuan sekali nyebrang. Dari Pelabuhan Sape ke Labuan Bajo dibutuhkan waktu sekitar 6 jam, wow banget kan bakalan mabok tuh hee makanya siapin antimo biar bobo dikapal. Estimasi dari Pelabuhan Sape jam 10 pagi maka sampe di Pelabuhan Bajo Jam 16.00 sore. Taraaa akhirnya tiba juga di Flores guys.

Rincian Transportasi Start dari pelabuhan Khayangan Lombok – Labuan bajo

– Tiket Bis Bandara – Terminal Mandalika Rp 30.000
– Terminal Mandalika – Pelabuhan Khayangan – Pelabuhan Pototano Rp 80.000
– Bis Pototano – Bima Rp 150.000
– Penginapan di kota Bima Rp 150.000
– Bis Bima – Pelabuhan Sape Rp 30.000
– Tiket Ferry Pelabuhan Sape – Labuan Bajo Rp 80.000

Total Rp 520.000

 

3. TITIK POINT UTAMA BALI

1. Jalur Darat

Melalui Terminal Ubung kalian harus naik bus lagi menuju pelabuhan PadangBai Bali. Biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 45.000 – Rp 60.000 dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 4 jaman. Ets dari pelabuhan Padang Bai Bali kita harus nyebrang ke pelabuhan Lembar Lombok.

pelabuhan Padang Bai Bali (foto: giliislandfastboats.com)

Lama penyeberangan ke Pelabuhan Lembar Lombok dari Padangbai Bali adalah 4-5 jam. Tarif yang dikenakan sekitar Rp 45.000 – Rp 50.000. Sudah sampai di lembar artinya sudah sampe Lombok dan kalian tinggal cari jalan menuju ke Pelabuhan Khayangan Lombok Timu salah satunya melaui terminal Mandalika kota Mataram.

2. Jalur Laut

Selain melalui jalur udara alias pesawat kita juga bisa melalui jalur lau dengan kapal menuju Labuan Bajo. Kapal yang akan kita naiki adalah Kapal Penumpang milik PT PELNI yaitu KM Tilongkabila & KM Wilis. Kedua kapal tersebut akan melayani rute Pelabuahan Benoa Bali – Labuan Bajo Flores.

Pelabuahan Benoa (foto: Elshinta.com)

Untuk KM Tilongkabila biasanya berangkat Pagi hari dari Pelabuahan Benoa Denpasar Bali. Perjalanan menggunakan kapal KM Tilongkabila cukup lama yakni lebih dari 36 jam pelayaran. Biasanya bila menggunakan kapal ini kita akan tiba keesokan harinya di Labuan Bajo sekitar pukul 19.00 malam. Tarif yang dikenakan per penumpang adalah Rp. 260.000 sudah termasuk makan pagi siang dan malam diatas kapal. Bila menggunakan KM Tilongkabila rute yang ditempuh adalah Denpasar – Mataram – Bima – Labuan Bajo.

KM Wilis dan kapal tilongkabila (foto : Kapal Penumpang Pelni)

Untuk kapal yang kedua yakni KM Wilis yang juga akan berangkat dari Pelabuahan Benoa Denpasar Bali. Keberangkatanya biasanya sore hari sekitar pukul 15.00 Wita. Untuk harga tiketnya kurang lebih sekitar Rp. 260.000 perorang sama dengan harga tiket KM Tilongkabila. Harga tiket tersebut sudah termasuk 3x makan sehari. Untuk Rute KM Wilis yakni Denpasar – Badas (Sumbawa) – Labuan Bajo dengan total perjalanan laut sekitar 37 Jam.

 

Sebenarnya dari Rute-rute diatas ada rute lainya yang bisa kamu tempuh via darat yakni menggunakan Bus umum Rute Jakarta – Bima. Rute Bus ini akan melewati Bali & Lombok untuk kemudian sampai di kota Bima. Bus yang akan melayani jalur ini adalah PO Rasa Sayang dan Safari Dharma Raya. Po Bus Safari Dharma Raya ada di Kebayoran, Leba Bulus, Rawamangun dan juga ada di Pulau gadung.

Bus Safari Dharma (foto:pantauanharga)

Bus Bus Safari Dharma ini biasanya akan berangkat dari Pool Kebayoran pukul 15.00, dan  berangkat dari Pulau Gadung sekitar jam 17.00 dengan tarif diatas Rp 800.000 sudah termasuk Makan 4 kali selama diperjalanan. Tapi tahukah berapa lama perjalananya ? yap lebih dari 40 Jam perjalanan.

So kalian akan pilih yang mana ?, Jangan lupa sesuaikan dengan waktumu dan juga budgetmu.

Oh ya buat kamu yang ingin mencari sewa kapal murah atau mencari tau terkait trip ke Bajo, silahkan hubungi via wa or telpon ke nomor 081237395539

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

2 thoughts on “Mau ke Labuan Bajo via Darat ? Ini Rutenya”

  1. Assalamu’alaikum mas ,, untuk jadwal kapal dari tanjung benoa – labuan bajo setiap hari ada atau hanya hari tertentu , Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close