Kuliner

Kuliner Khas Kalimantan Tengah, Juhu Umbut Sawit

Juhu Umbut Sawit adalah nama sayuran ini sangat asing bagi sebagian orang karena namanya yang tidak populer. Namun orang pelancong yang sering ke tanah Dayak paling sering mencari sayuran ini. Dan bagi suku Dayak, juhu umbut kelapa ini merupakan kuliner favorit yang wajib dihidangkan di setiap diadakan acara-acara seperti syukuran.
Jika pada pulau Jawa, anda sangat mengenal tentang sayur rebung, yaitu merupakan sayuran yang memang terbuat dari bongkol pada pohon bambu, maka dari itu sayur singkah ini pun juga berasal dari bongkol. Tetapi, sayuran ini bukanlah diambil dari sebuah bongkol pohon bambu melainkan dari bongkol pohon kelapa.
Foto by tiptopsehat

Bentuk serta warnanya juga tidak jauh beda dengan rebung yakni berwarna putih. Tetapi perbedaannya terdapat pada rasanya, karena sayuran ini sangat jauh lebih manis apabila dibandingkan dengan sayuran rebung. Hal ini karena sayur umbut sawit ini asalnya dari kelapa.

Tidak heran jika suku Dayak sangat menggemari sayuran ini padahal masih dalam keadaan yang mentah atau belum dimasak. Karena biasanya juhu umbut sawit ini akan dimakan dicampur dengan sambal.

Foto by rudiannoor

Dikatakan juga oleh Muliyani, dari Hubungan Masyarakat Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dikutip Tempo, keberadaan sayur umbut kelapa ini juga sudah ada sejak dari jzaman leluhurnya orang-orang Dayak. Juhu umbut sawit, akan menjadi sebuah hidangan yang paling wajib pada saat upacara-upacara adat di zaman dulu.

Referensi : kulinerkalteng; https://hello-pet.com
Tags
Show More

febeshinta

Hi, i am Febe Shinta, the editor in chief of backpackerjakarta.com and also the owner of febeshinta.com. For anyone who want to say “Hi” about thing related to both of these websites, please send me an email for more information or bussiness inquiry.

Related Articles

1 thought on “Kuliner Khas Kalimantan Tengah, Juhu Umbut Sawit”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *