Home / Blog / Museum & Sejarah / Museum Sri Baduga, Tempat Mengenal Sejarah Masyarakat Sunda

Museum Sri Baduga, Tempat Mengenal Sejarah Masyarakat Sunda

foto : wikipedia

Museum Sri Baduga adalah salah satu Museum yang terletak di ruas Jalan B.K.R. 185 atau jalan lingkar selatan kota Bandung Jawa Barat. Museum Sri Baduga ini berdekatan dengan tempat bersejarah lainya seperti lapangan Tegallega dan Monumen Bandung Lautan Api. Museum Sri Baduga Didirikan pada awal tahun 1974 dimana bangunan museum ini dibuat menyerupai rumah panggung dengan suhunan panjang yang mirip dengan bangunan khas Jawa Barat.

foto : disparbud.jabarprov.go.id
foto : AyoBandung.com

Museum Sri Baduga ini awalnya hanya bernama Museum negeri Provinsi Jawa Barat (tahun 1990) lalu pada tanggal 4 April 1990 nama museum ini ditambah menjadi Sri Baduga yang diambil dari nama salah seorang raja Sunda yang bertahta di tatar Pakuan Pajajaran sekitar abad ke-16 Masehi.

foto : suciharlen.wordpress
foto : bandungputeratour.net

Museum Sri Baduga dibuka untuk umum setiap Selasa s/d Minggu pukul 08.00 – 16.00 wib dan pada hari senin museum ini Libur. Harga tiket masuk museum inipun sangat murah yakni hanya Rp 2.500 – 3000 / pengunjung. Museum Sri Baduga memiliki 3 lantai dan setiap lantainya memiliki tema tersendiri.

Koleksi Museum Sri Baduga (foto:detikTravel)
foto : sukmatech.com

Dilantai satu akan menampilkan sejarah perkembangan alam dan budaya di Jawa Barat dengan menampilkan beragam bentuk benda-benda peninggalan buatan tangan dari masa Prasejarah hingga jaman Hindu-Buddha. Untuk lantai duanya menampilkan beragam kebudayaan tradisional di Jawa Barat seperti kehidupan masyarakat, mata pencaharian hidup, perdagangan, dan transportasi baik perkembangan pengaruh budaya Islam dan Eropa, sejarah perjuangan bangsa. Dilantai 2 ini juga terdapat Logo & Deskripsi mengenai lambang-lambang daerah kabupaten dan kota se-Jawa Barat.

Koleksi Museum Sri Baduga (foto : m.kotakami.com)
foto: Goodreads

Sementara dilantai tiga Museum Sri Baduga kita akan melihat etnografi berupa ragam bentuk dan fungsi wadah, kesenian, dan keramik asing yang ada di Jawa Barat.

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj
Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Hauwke’s Auto Gallery, Museum Mobil Jadul yang lagi hits di jakarta

Hauwke’s Auto Gallery adalah sebuah Tempat yang menyimpan berbagai koleksi Mobil-mobil Jadul alias mobil antik …