Danau & Sungai

Keindahan Danau Batur Kintamani

Tak hanya pantai pantainya yang indah, Bali juga memiliki beberapa danau yang sangat indah dan menarik perhatian para wisatawan. Ada 4 danau yang terkenal di bali yang menjadi tujuan wisatawan, selain danau buyan, danau tamblingan dan danau beratan danau yang satu ini juga tak kalah indahnya. Yah,,siapa yang tak kenal Danau Batur. Danau batur biasa di kenal oleh banyak wisatawan dengan nama Danau Kintamani karena letak dari danau ini yang berada di desa Batur, kecamatan Kintamani.

tabloidwisata.com

Nama danau batur di ambil dari nama gunung batur karena lokasi danau ini yang berada di lereng gunung batur. Danau ini berada di ketinggian 1050 mdpl dengan luas permukaan danau sekitar 16 kilometer. Kedalaman danau ini bervariasi yakni rata rata 50,8 meter. Danau batur atau danau kintamani termasuk kategori danau kaldera aktif yang terbentuk karena letusan gunung batur beberapa tahun silam. Air danau ini berasal dari air hujan dan rembesan air dari hutan yang ada di pegunungan.

pedomanwisata.com

Yang menarik dari danau ini adalah warna airnya yang sering berubah ubah. Perubahan warna air ini di pengaruhi oleh senyawa belerang yang ada di dasar danau. Warna air kadang terlihat kebiruan dan kadang terlihat hijau kekuningan. Karena keindahannya, kawasan danau batur sendiri sudah di tetapkan sebagai Global Geopark National atau Taman Bumi oleh UNESCO. Wahh..hebat bukann…

Pemanfaatan danau batur berbeda dengan danau tamblingan yang hanya mengarah ke pemanfaatan untuk pelestarian alam, danau batur di manfaatkan murni sebagai lokasi wisata. Saat berkunjung ke lokasi ini kita hanya perlu membayar biaya masuk sebesar 15ribu per orang. Di sini banyak di sewakan perahu warga yang bisa kita pakai untuk berkeliling danau. Danau batur menyimpan biota laut yang beraneka ragam, karena itulah tempat ini juga di jadikan sebagai lokasi pemancingan ikan. Di sini juga banyak di sewakan alat pancing buat kamu yang tak mau ribet membawa alat pancing dari rumah.

wisatabaliutara.com

Jika kamu ingin mencoba sensasi lain menikmati pemandangan indah danau ini, kamu bisa pergi ke atas bukit yang ada di desa Penelokan. Dari atas desa ini kamu bisa melihat dengan jelas panorama yang indah dari danau batur dan juga gunung batur secara jelas dari ketinggian.

blog.vokamo.com

Lokasi Danau batur terletak 67 kilometer dari pusat kota Denpasar melalui Jalan Nusantara (Selama kurang lebih 2 jam), 79 kilometer dari bandara ngurah rai melalui Jalan Nusantara (2 jam 9 menit) dan 147 kilometer dari pelabuhan gilimanuk (selama 4 jam)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close