Pulau

Inilah Pulau Matan, Salah Satu Objek Wisata yang Tak Jauh Dari Kota Sorong

Salah satu destinasi wisata yang lokasinya tak jauh dari Kota Sorong adalah Pulau Matan. Pulau kecil yang tak berpenghuni ini merupakan salah satu pulau cantik yanh masuk kedalam Kabupaten Raja Ampat.

Pulau Matan Sorong (foto @amazingpapua)

Luas Pulau Matan diperkirakan hanya sekitar 5000 meter persegi atau setengah hektar saja. Meskipun begitu keindahan pemandangan yang bidsa didapatkan dari Pulau Matan cukup luar biasa. Hamparan pasir putih yang mengelilingi pulau Matan ditambah birunya laut disekitar pulau Matan dan rimbunya pepohonan yang tumbuh dipulau ini, bisa menyuguhkan keindahan alam yang bisa memajakan mata.

Pemandangan di Pulau Matan (foto @depunet)

Jarak dari Kota Sorong kepulau Matan diperkirakan hanya 8 mil. Lokasinya tepat disebelah Barat Kota Sorong. Sebenarnya Pulau matan masuk kedalam wilayah gugusan kepulauan Salawati kabupaten Raja Ampat. Namun jaraknya jauh lebih dekat bila ditempuh dari Kota Sorong.

Rute dan Transportasi ke Pulau Matan

Untuk menuju Pulau Matan kita bisa menyewa speedboat atau perahu kecil mirip katingting yang biasa digunakan oleh warga sorong yang ingin menyebrang ke pulau Doom. Nah buat kamu yang mau kepulau Matan maka kamu harus ke Dermaga Pelabuhan Sar Doom. Dimaps saja nanti akan diarahkan menuju pelabuhan ini.

Pulau Matan Sorong
Dermaga Pulau matan (foto : @ridwanade)

Waktu tempuh dari Pelabuhan Sar Doom ke pulau Matan hanya 40 menit sampai 1 jam saja. Memang cukup dekat dan sebenarnya dari daratan pesisir Sorongpun pulau Matan sudah terlihat. Dipelabuhan Sar Doom kamu tinggal menawar kapal yang ada disana agar mau disewa ke pulau Matan. Biasanya mereka mau membawa tamu dengan harga 1 juta per boat pulang pergi dengan kapasitas maksinal 12 orang.

Pemandangan Bawah laut Pulau Matan (foto @judika.andaria)

Karena pulau Matan tidak berpenghuni jadi tidak ada fasilitas apapun dipulau ini. Tidak ada warung bahkan Toilet. Jadi saat kamu pergi kepulau matan jangan lupa bawa bekal makan dan minum. Tapi sesekali ada sepasang suami istri warga lokal yang sering menjaga pulau cantik ini. Oh ya, biasanya banyak pemancing yang datang kepulau Matan. Hal ini dikarenakan pulau Matan merupakan salah satu kawasan yang memilki banyak jenis ikan sehingga menjadi lokasi favorit para pemancing.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close